Mengenal Seniorpreneurship, Memulai Wirausaha di Usia Tua (Bagian 1)


Naviri Magazine - Wirausaha atau berbisnis saat ini banyak dilakukan anak-anak muda, atau bahkan kaum remaja. Bahkan, pemerintah maupun swasta pun menggalakkan program ini, agar anak-anak muda belajar berbisnis dan membangun wirausaha. 

Pertimbangannya sederhana, karena usia muda identik dengan stamina yang prima, pikiran yang segar, juga waktu yang masih luas terbentang.

Saat ini, memang telah banyak anak-anak muda yang muncul dengan berbagai bisnis, dan itu membanggakan. Ada yang berbisnis makanan, ada yang berwirausaha di bidang pakaian, dan lain-lain. Menyaksikan anak-anak muda bisa sukses dalam berwirausaha, seperti menyaksikan masa depan yang lebih cerah.

Lalu, apakah hanya anak-anak muda saja yang berhak memulai wirausaha? Tentu saja tidak. Orang-orang yang telah berusia tua pun sama berhak untuk membangun wirausaha, meski usia tak lagi muda. Dalam hal ini, orang-orang berusia senja memiliki suatu modal yang tak dimiliki anak-anak muda, yaitu pengalaman yang jauh lebih banyak.

Susan Wright bisa menjadi contoh. Ia memulai bisnisnya sendiri pada usia 58 tahun, yang tentu sudah tak bisa dibilang muda. Ia menceritakan, “Saya berpikir, saya berusia 58, apakah saya benar-benar mau melanjutkan kerja untuk orang lain dan menghabiskan waktu saya, atau mengambil tindakan berani? Saya menarik napas dalam-dalam dan memutuskan mengambil risiko.” 

Ia lalu mendirikan Eco Republic, yang berbasis di Inggris. Perempuan ini merupakan satu dari banyak pengusaha yang memulai bisnisnya di usia yang tak lagi muda.

Dilansir The Guardian, suatu kali saat sedang menuju tempat kerja, Susan Wright melihat sebuah toko yang dijual. Seketika, minat berwirausahanya yang tumbuh sejak kecil menyeruak setelah sempat terpendam lama selama menjadi karyawan. 

Bermodalkan £15.000 dari tabungan dan pinjaman sebesar £20.000, Wright membuka usaha ethical shop—tempat memperdagangkan barang-barang ramah lingkungan, peralatan rumah tangga, dan sepeda elektrik—pada Juni silam. Pilihan membuka toko semacam ini dilandasi latar belakang Wright yang sempat terjun di dunia ritel dan menggeluti bidang pengembangan bisnis untuk sektor amal.

“Saya yakin, orang-orang berpikir bahwa sudah saatnya bagi seseorang yang berusia 50 akhir untuk memikirkan pensiun, tetapi sejujurnya, hal itu adalah yang terakhir terlintas di benak saya. Saya senang bekerja setiap pagi,” aku Wright.

Dari Asia, ada Momofuku Ando, laki-laki Jepang yang menciptakan mi instan pertama di dunia. Sebelum menelurkan produk yang jamak dikonsumsi di berbagai belahan dunia tersebut, Ando telah berulang kali melakukan riset sampai mendapat formula yang pas untuk mi-nya, agar bisa diterima lidah macam-macam masyarakat. Usaha uji coba-gagal berkali-kali Ando membuahkan hasil. 

Pada 25 Agustus 1958, saat Ando menginjak umur 48, ia memperkenalkan mi (ramen) ayam yang menurutnya bisa diterima masyarakat mana pun. Mi buatannya langsung mendunia. Besarnya pengaruh Ando ini tak pelak menciptakan inisiatif untuk mendirikan museum yang didedikasikan untuknya di Osaka, tempat kelahiran mi instan buatan Ando.

Saat melakukan penelusuran artikel mengenai pengusaha Indonesia di internet, yang keluar pertama kali kebanyakan artikel tentang pengusaha muda, bagaimana strategi berwirausaha anak-anak muda, atau pencapaian-pencapaian mereka sejak memulai bisnis sedini mungkin. 

Kampanye menggalakkan wirausaha untuk kaum muda memang dilakukan oleh berbagai pihak, mulai dari swasta hingga pemerintah. Hal ini bisa dikarenakan asumsi bahwa usia muda adalah momen yang tepat untuk melakukan inovasi, seiring dengan stamina yang masih prima untuk bekerja keras membangun bisnis. 

Plus, banyak yang beranggapan sebagaimana disampaikan Wright, saatnya bagi orang-orang di usia 50 ke atas beristirahat menikmati hasil kerja, melihat dan mengurus anak cucu.

Baca lanjutannya: Mengenal Seniorpreneurship, Memulai Wirausaha di Usia Tua (Bagian 2)

Related

Business 8366162914709114556

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item