Mengenali dan Mewaspadai Suara Mesin Mobil yang Bermasalah


Naviri Magazine - Mobil yang sehat biasanya (dan tentunya) akan menghasilkan suara mesin yang terdengar halus saat dinyalakan. Karenanya, kalau Anda mulai mendengar bunyi-bunyi yang aneh yang bersumber pada mesin mobil Anda, cobalah untuk memeriksanya. Bunyi yang tidak wajar pada mesin tersebut merupakan tanda adanya kerusakan pada bagian tersebut. Coba perhatikan hal-hal seperti berikut ini:

Suara klik-klik yang teratur: Penyebabnya adalah pergerakan katup. Untuk memperbaikinya, set-lah celah bebas katup di bengkel.

Suara dentingan pada saat ada beban dan putaran dipercepat: Penyebabnya adalah bensin yang beroktan rendah. Gantilah bensin dengan oktan yang lebih tinggi, juga bersihkan endapan karbon dan set-lah waktu penyalaan dengan benar.

Suara ketukan atau dentaman yang pelan saat piston naik: Penyebabnya adalah bantalan di piston yang aus, kesalahan pemasangan batang piston atau kurang oli.

Suara ketukan logam dua kali yang terdengar saat mesin tanpa beban: Penyebabnya adalah pin piston yang sudah aus atau longgar.

Suara bergetar sewaktu percepatan: Penyebanya adalah ring piston atau dinding silinder yang sudah aus atau patah, dan tegangan ring piston yang rendah.

Suara berdecit-decit yang singkat di kepala silinder: Penyebabnya adalah piston menggores dinding silinder, badan piston patah, kesalahan pemasangan batang piston, atau kurang oli.

Suara ketukan antar logam berdentam saat mesin mendapat beban atau dipercepat: Jika suaranya teratur, penyebanya adalah bantalan luncur poros engkol yang sudah aus. Jika suaranya tidak teratur dan terkesan tajam, maka penyebabnya adalah bantalan duduknya (thrust bearing) yang sudah aus.

Related

Tips 8069775997578353760

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item