Pahlawan Belum Tentu Menang, Ini Film-film yang Berakhir dengan Kemenangan Penjahat (Bagian 2)


Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Pahlawan Belum Tentu Menang, Ini Film-film yang Berakhir dengan Kemenangan Penjahat - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

6. The Skeleton Key (2005)

Caroline Ellis (Kate Hudson), seorang perawat cantik, dipekerjakan di sebuah rumah yang diliputi misteri. Dia harus merawat suami Violet Devereaux (Gena Rowlands), yaitu Ben Devereaux (John Hurt), yang lumpuh.

Ellis menyadari ada yang tidak beres. Dia terjebak dalam permainan Voodoo yang dilakukan Violet. Segala cara sudah dilakukan, namun justru membuatnya semakin terjebak. Ellis pun kalah dan kegelapan menang.

Tubuh Ellis ternyata digunakan Violet untuk pertukaran. Roh Violet kini berada di tubuh Ellis yang cantik, sementara Ellis harus pasrah berada di tubuh Violet. Parahnya lagi, suami Ellis (Peter Sasgaard) pun juga harus bertukar tubuh dengan suami Violet.

7. Se7en (1995)

Film karya David Fincher ini punya plot yang sangat menarik. Detektif Mills (Brad Pitt) dan Detektif Somerset (Morgan Freeman) harus menghadapi pembunuh genius yang melakukan 5 pembunuhan secara beruntun dalam 5 hari. Satu pembunuhan mewakili satu dosa dari 7 dosa mematikan dalam Alkitab.

Ketika Mills dan Somerset memikirkan dua korban terakhir, sang pembunuh, John Doe (Kevin Spacey) menyerahkan diri. Dia akan memberi tahu di mana korban ke-6 dan ke-7. Namun, di sinilah twist-nya. Ternyata, sebelumnya, John Doe telah membunuh istri Mills dan memenggal kepalanya. Dia sengaja memancing kemarahan Detektif Mills dan membuat Mills membunuhnya.

Apakah si penjahat kalah hanya karena dia mati? Tidak, John Doe justru menang karena berhasil mewujudkan karyanya, 7 pembunuhan dalam 7 hari, dengan korban terakhirnya adalah John Doe sendiri yang mewakili sifat envy (iri hati).

8. The Silence of the Lambs (1991)

Seorang agen muda FBI, Clarice Sterling (Jodie Foster) harus mengungkap kasus pembunuhan berantai oleh seseorang yang dijuluki Buffalo Bill (Ted Levine). Atas perintah atasannya, dia harus berkonsultasi dengan Dr. Hannibal Lecter (Anthony Hopkins), sang kanibal, yang ada di penjara, untuk menangkap Buffalo Bill.

Namun, ketika Clarice berhasil membunuh Buffalo Bill, Hannibal Lecter berhasil melarikan diri dari penjara dengan sebuah rencana brilian. Ya, penjahat sesungguhnya dalam film ini adalah si kanibal tersebut. Dalam prekuelnya, Red Dragon (2002), dijelaskan bagaimana Hannibal bisa tertangkap dan dipenjara sebelumnya.

Film yang diadaptasi dari novel karya Thomas Harris ini memenangkan 11 kategori Piala Oscar. Salah satu film thriller terbaik sepanjang masa.

9. Arlington Road (1999)

Film ini mengisahkan seorang anggota polisi, Michael Faraday (Jeff Bridges), yang mencurigai tetangganya, Oliver Lang (Tim Robbins) dan Cheryl Lang (Joan Cusack), sebagai teroris. Kecurigaan tersebut ternyata benar.

Ketika Faraday berusaha menggagalkan rencana kelompok teroris yang akan mengebom gedung kepolisian, ternyata malah masuk ke dalam jebakan. Bom tersebut ternyata ditaruh di bagasi mobil Faraday sendiri. Akhirnya, bom meledak, menewaskan Faraday, dan meruntuhkan gedung.

Parahnya lagi, Faraday ditetapkan sebagai pelaku pengeboman dengan motif balas dendam atas kematian istrinya yang meninggal dalam bertugas.

10. Saw 1-7 (2004-2010)

Film Saw, dari yang pertama hingga ketujuh, selalu berakhir dengan kematian polisi dan kemenangan Jigsaw serta semua anak buahnya. Meski Jigsaw mati dalam seri ketiga, namun ternyata Saw memiliki alur dan konflik yang lebih rumit dari yang dibayangkan.

Dalam seri pertama, ketika Adam (Leigh Whannell) dan Dr. Lawrence Gordon (Cary Elwes) terjebak dalam permainan di kamar mandi, mereka mengira berhasil membunuh Jigsaw. Namun, Jigsaw yang sesungguhnya ternyata ikut dalam permainan, dan ada di depan mata mereka sepanjang permainan!

Sepanjang permainan, Jigsaw yang sesungguhnya (Tobin Bell), ternyata hanya tidur dan berpura-pura mati di antara mereka. Sungguh twist yang mengejutkan!

Related

Film 4575012861032139060

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item