Punya Masalah Kulit Kapalan? Ini 10 Tips Mudah untuk Mengatasinya


Naviri Magazine - Di antara kalian mungkin ada yang mengalami kapalan, yaitu bagian kulit di kaki atau tangan yang agak menebal dan mengeras. Kapalan ini terasa kering dan memiliki warna yang berbeda dengan kulit lainnya. Biasanya kapalan terjadi karena di bagian tersebut mendapat tekanan atau gesekan yang berlebihan. 

Jadi, bagian tersebut akan memperkuat jaringan yang mengelami gesekan dan tekanan berlebih. Ini adalah reaksi normal dari tubuh. Namun keberadaan kapalan bikin tidak nyaman, dan juga tidak enak dilihat. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengusir kulit kapalan. Berikut ini uraiannya.

Minyak Jarak

Minyak jarak adalah minyak yang diperoleh dari ekstraksi biji tanaman jarak. Nama lain minyak jarak adalah castrol oil. Minyak jarak bisa digunakan untuk mengobati sembelit, jerawat, membuat rambut dan kulit kepala jadi lebih sehat, dan mengatasi kapalan.

Di saat malam hari, oleskan minyak jarak di bagian kapalan yang mengganggu, sebelum tidur. Setelah dioleskan minyak jarak, tutup dengan kaos kaki atau sarung tangan. Ulangi hal ini selama beberapa minggu. Minyak jarak efektif untuk membuat kulit kapalan jadi lebih empuk dan menghaluskan kulit.

Gunakan Kaos Kaki atau Sarung Tangan dengan Krim Khusus

Beruntung sekarang zaman sudah maju, sudah banyak krim yang bisa digunakan untuk menyingkirkan masalah kapalan. Bagi kalian yang bingung krim seperti apa yang dimaksud, kalian bisa mencari krim yang mengandung salicylic acid, urea, atau ammonium lactate. Kombinasi bahan ini ampuh untuk menyingkirkan kapalan.

Yang kalian butuhkan hanyalah sepasang kaos kaki atau sarung tangan, tergantung bagian mana yang terdapat kapalan. Sebelum tidur, oleskan krim khusus tersebut di bagian kulit yang kapalan. Setelah itu, gunakan kaos kaki atau sarung tangan. Di pagi hari, kulit kapalan akan lebih halus dan mudah untuk dicabut.

Lidah Buaya

Manfaat tanaman aloe vera atau lidah buaya untuk kesehatan rambut sudah terbukti. Jika lidah buaya tidak bagus, tidak mungkin banyak produk kesehatan rambut yang menggunakan lidah buaya dalam komposisinya. Tapi apakah lidah buaya hanya untuk menyehatkan rambut? Tentu tidak.

Lidah buaya memiliki manfaat lain, salah satunya untuk menghilangkan kapalan. Untuk masalah kapalan, kalian bisa menggunakan tanaman lidah buaya atau gel lidah buaya. 

Caranya adalah dengan menempelkan bagian dalam lidah buaya ke bagian kapalan, dan tutup dengan plester. Kalau tidak memiliki tanaman lidah buaya, kalian bisa gunakan gel lidah buaya. Ini bisa membuat kapalan jadi lebih lunak dan mudah untuk dibersihkan.

Cuka

Siapkan cuka, beberapa kapas, dan batu apung. Basahi kapas dengan cuka, lalu tempelkan di kapalan yang mengganggu. Biarkan kapas ini menempel satu malam penuh. Di pagi hari, barulah lepas kapas tersebut. Setelah semalaman ditempel dengan kapas, kapalan akan lebih mudah mengelupas ketika digosok menggunakan batu apung.

Rendam di Teh

Teh sudah dikenal sejak lama karena khasiatnya untuk kesehatan. Meminum teh bisa membantu mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh. Tidak hanya itu manfaat yang bisa didapat dari teh. Salah satunya adalah mengatasi kapalan.

Cara menghilangkan kapalan dengan teh sangat mudah. Kalian bisa gunakan chamomile tea atau tea tree oil, lalu campur dengan air. Rendam kaki yang memiliki kapalan di dalam rendaman teh. Teh dapat membantu kulit jadi kering. Tak perlu khawatir kaki jadi kotor karena ampas teh. Kalian bisa membersihkannya dengan menggunakan air dan sabun.

Baking Soda

Baking soda adalah salah satu bahan masakan yang merupakan campuran dari natrium dan hidrogen karbonat. Baking soda sering digunakan untuk membuat kue atau roti. Karena memiliki sifat basa, mencampurkan baking soda dengan asam seperti susu bisa menciptakan karbon dioksida. Kalau kalian memiliki baking soda di rumah, bisa digunakan untuk mengatasi kapalan.

Yang pertama, kalian bisa tuang baking soda ke dalam ember, dan rendam kaki di dalamnya. Cara kedua yang sedikit lebih repot adalah membuat baking soda menjadi pasta, dengan mencampurkannya bersama air. Oleskan pasta baking soda tersebut di bagian kapalan yang mengganggu. Lakukan secara rutin sampai kapalan benar-benar hilang.

Rendam di Air Hangat

Sebelum tidur, rendam kapalan ke dalam air hangat. Biarkan kapalan tersebut direndam selama 5 sampai 10 menit. Air hangat ampuh untuk membuat kapalan lebih halus dan empuk. Dengan demikian, kapalan jadi lebih mudah untuk dicabut. Untuk menjaga kelembapan kulit, oleskan krim pelembap jika perlu.

Kulit Nanas

Makan buah-buahan memang disarankan untuk meningkatkan daya tahan tubuh karena vitamin yang terkandung di buah sangat tinggi dan sehat. Terkhusus untuk nanas, buah satu ini tidak hanya enak untuk dimakan dan menyehatkan, tapi juga bisa berguna untuk menyingkirkan masalah kulit kapalan.

Potong kecil beberapa nanas yang nantinya kalian tempel di kulit yang terdapat kapalan. Agar tidak bergerak, ikat menggunakan kain. Lakukan hal ini seminggu sekali sebelum tidur. 

Enzim yang terdapat pada nanas bisa membantu kapalan jadi lebih halus dan mudah untuk dibersihkan. Jus nanas juga bisa diaplikasikan ke area kapalan sebelum dan sesudahnya.

Krim Pelembap

Untuk menghilangkan masalah kulit kapalan, bisa menggunakan krim pelembap. Krim pelembap bisa kalian beli di supermarket, minimarket, dan apotek. Jadi tidak perlu pusing bila mengalami masalah kapalan. Apalagi merek krim pelembap juga banyak, jadi ada banyak pilihan untuk menjadi pertimbangan.

Karena kulit kapalan sangat sulit dicabut karena kering dan keras, krim pelembap bisa membuat kapalan lebih empuk sehingga mudah dicabut. Oleskan krim pelembap di bagian yang mengalami kapalan dengan rutin. 

Krim pelembap bisa membantu kulit untuk tetap terhidrasi dan meregenerasi kulit. Glycoluc acid dan vitamin E bisa dengan mudah mengelupas dan mengembalikan kulit yang rusak.

Gosok Menggunakan Aspirin, Lemon Juice, dan Air

Orang yang memiliki masalah dengan jantung biasanya membutuhkan aspirin. Aspirin dapat membantu mengencerkan darah. Disarankan untuk mengonsumsi aspirin sesuai dengan resep dokter agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Selain bisa untuk mengencerkan darah, aspirin juga bisa digunakan untuk menyelesaikan masalah kapalan.

Ambil beberapa butir aspirin, lalu hancurkan sampai menjadi bubuk. Campur bubuk aspirin tersebut dengan lemon juice dan air. Campuran aspirin, lemon juice, dan air tersebut tempelkan di kapalan. Bungkus dengan handuk hangat, dan tutup dengan plastik. Setelah 10 menit, sikat kapalan tersebut menggunakan batu apung.

Related

Tips 7449883254353724072

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item