Tips Praktis Membersihkan Benda-benda Kristal


Naviri Magazine - Ada cukup banyak orang yang menyukai benda-benda yang terbuat dari kristal. Biasanya benda-benda kristal ini dijadikan pajangan atau pemanis ruangan di rumah. Atau juga ada yang sengaja mengoleksinya hingga dalam jumlah yang sangat banyak. 

Nah, untuk merawat agar benda-benda kristal tersebut awet dan selalu nampak indah, Anda perlu tahu bagaimana cara membersihkannya. Anda tidak perlu setiap saat mencucinya, namun cukup empat hingga lima bulan sekali.

Berikut ini adalah tips mencuci benda-benda kristal kesayangan Anda:

Siapkan dua baskom berisi air; satu baskom air hangat dan satu baskom air dingin.

Untuk air hangat, tidak boleh panas, karena apabila air terlalu panas bisa merenggangkan sambungan kristal yang dipadu dengan bahan logam lainnya.

Campurkan sabun cair pada baskom air hangat.

Setelah itu, cucilah satu persatu barang-barang kristal Anda dengan cara hanya mencelupkannya ke dalam air hangat yang telah dicampur sabun cair itu. Air hangat ini akan menghilangkan debu-debu yang menempel pada benda-benda kristal.

Setelah kristal dicelupkan ke dalam air hangat selama beberapa menit, angkatlah kemudian masukkan ke dalam baskom berisi air dingin untuk membasuh sabun cair yang mungkin masih melekat di permukaan kristal.

Setelah dirasa bersih, letakkan kristal di atas koran bersih yang kering untuk mengeringkannya. Tunggu sampai menjadi kering. Anda tak perlu mengelapnya dengan kain karena bisa meninggalkan goresan pada kristal kesayangan Anda.

Related

Tips 5857732322894354135

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item