Bagaimana jika Vaksin Dosis Kedua Terlambat Dilakukan? Ini Penjelasan Ahli


Naviri Magazine - Saat ini pemerintah sedang mengupayakan peningkatan laju vaksinasi yang berada di angka 1-1,25 juta setiap harinya. Setiap orang yang terdaftar berhak mendapat dua dosis vaksin, sedangkan tenaga kesehatan mendapat tiga dosis.

Rentang waktu yang dibutuhkan antara vaksin dosis pertama dan vaksin dosis kedua berbeda-beda, sesuai rekomendasi setiap jenis vaksin. Apa yang terjadi jika dosis vaksin kedua terlambat diberikan?

Juru Bicara Vaksinasi Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi, mengungkapkan, meskipun pemerintah terus mengupayakan laju vaksinasi, tidak menutup kemungkinan terjadinya keterlambatan dalam proses penyediaan vaksin.

"Ada beberapa daerah yang terlambat menerima vaksin dosis kedua," ujarnya seperti dikutip dari sehatnegeriku.kemkes.go.id.

Selama keterlambatan yang terjadi masih dalam interval yang diperbolehkan para ahli, keamanan dan efektivitas vaksin dosis pertama tidak akan berkurang. Vaksin dosis pertama masih dapat membantu antibodi dalam melawan virus Covid-19.

Rekomendasi interval penyuntikan antara dosis pertama dan kedua untuk vaksin Sinovac adalah 28 hari. Sedangkan untuk AstraZeneca adalah 2 sampai 3 bulan. Menurut laman Medical New Today, penelitian yang dilakukan Universitas Oxford justru menunjukkan vaksin dosis kedua tetap efektif bahkan dalam interval 45 minggu.

Beberapa penelitian juga menunjukkan keterlambatan bahkan dapat bermanfaat dalam penguatan antibodi. "Interval yang sangat panjang justru memungkinkan Anda untuk mendapat induksi antibodi yang kuat," ucap salah satu penulis studi, Teresa Lambe, yang disampaikan di konferensi pers Science Media Center di London.

Penyintas atau orang yang sebelumnya telah terkena Covid-19 dapat divaksinasi setelah tiga bulan dinyatakan sembuh. Penyintas yang mendapatkan vaksin dosis pertama sebelum tertular Covid-19 dapat melanjutkan dosis kedua setelah tiga bulan dinyatakan sembuh dan tidak perlu mengulang.

Related

Health 4628337836259715247

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item