Bahaya Kesehatan yang Mengancam Karena Remehkan Burnout


Naviri Magazine - Jangan anggap remeh burnout. Kondisi stres dan lelah karena pekerjaan ini dapat mengganggu kehidupan pribadi hingga kesehatan fisik dan mental. Berikut bahaya yang terjadi saat burnout tak diatasi.

Saat mengalami burnout, hampir semua aspek kehidupan akan terganggu. Secara fisik, tubuh akan merasa lelah. Daya tahan tubuh pun ikut menurun. Alhasil, tubuh lebih rentan atau mudah terkena penyakit dan terserang virus.

Psikolog Industri Organisasi, Kiky Dwi Saraswati, menyebut jika burnout tak diatasi, burnout akan memberikan dampak buruk pada pekerjaan dan hubungan dengan kolega.

"Khusus karyawan, tentu ini akan berdampak pada kinerjanya, serta kualitas hubungan dengan rekan-rekan kerjanya," kata Kiky.

Hubungan kerja dapat rusak karena kondisi emosional yang terganggu. Sikap sinis yang muncul akibat burnout juga bisa menyakiti perasaan rekan kerja.

Efek burnout yang tak ditangani segera juga bisa berdampak pada kehidupan pribadi. Bagi yang sudah menikah, hubungan dengan pasangan atau orang tua bisa terganggu. Pasalnya, burnout dapat membuat perilaku dan aktivitas ikut berubah.

"Apalagi untuk orang yang ndak bisa memisahkan atau menjaga jarak antara kehidupan di tempat kerja dan kehidupan pribadi. Jadi masalah di tempat kerja terbawa ke rumah dan sebaliknya," kata dia.

Dilansir dari Mayo Clinic, burnout yang tak ditangani juga bisa membuat penderitanya mengalami tekanan darah tinggi hingga diabetes tipe 2. Penyakit jantung hingga insomnia bisa menyerang tubuh seseorang yang mengalami burnout.

Selain itu, stres yang berkepanjangan pada penderita burnout juga dapat berujung depresi dan gangguan kesehatan mental lainnya. Burnout juga dapat meningkatkan risiko seseorang menjadi pencandu alkohol atau obat-obatan.

Jika Anda mengalami burnout, segera atasi penyebab stres dan kelola stres dengan baik. Jika burnout tak membaik, konsultasikan dengan profesional seperti psikolog.

Related

Psychology 2997722898320413955

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item