Begini Cara Mengecek Teve di Rumah Kita Sudah Digital atau Masih Analog


Naviri Magazine - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memulai tahapan migrasi TV analog ke TV digital. Ada baiknya kita mengetahui apakah TV yang dipakai masih analog atau sudah bisa dipakai siaran TV digital.

Untuk bisa menikmati siaran TV digital, bisa dilakukan dengan dua cara. Pertama, melalui TV yang memang sudah mendukung. Kedua, dengan bantuan alat bernama set top box (STB) DVB-T2 untuk bisa tetap menggunakan TV analog menjadi digital. Nah, untuk memastikan bahwa TV sudah mendukung siaran digital atau belum, coba cek dengan cara berikut ini.

1. Cek stiker di belakang TV

Cek stiker pada bodi belakang TV (penempatan stiker mungkin berbeda-beda tergantung merek TV). Jika sudah mendukung siaran TV digital, pada stiker akan tertulis keterangan ATSC, DTV, Digital Ready, HD Ready, HDTV, Digital Tuner, Digital Tuner Built-In, Integrated Digital Tuner, atau Digital Receiver. 

Kalau ada salah satu keterangan disebutkan tadi, artinya TV sudah bisa menerima siaran digital.

2. Cek spesifikasi TV

Jika tidak menemukan stiker dengan keterangan dukungan untuk siaran digital, kalian perlu mengecek secara manual. Caranya bisa dengan menelusuri spesifikasi lengkap perangkat di situs resmi merek TV yang akan dicek.

3. Dicoba langsung dengan siaran TV digital

Siaran digital biasanya punya sub-channel, seperti channel A-1, dan channel A-2. Misalnya, TVRI memiliki beberapa sub-channel: TVRI Nasional, TVRI 3 Budaya, serta TVRI Sport HD. Kalau kalian menemukan sub-channel seperti itu, artinya TV sudah mendukung siaran digital.

4. Cek ke situs Kominfo

Masuk ke halaman sertifikasi perangkat ke situs Kominfo. Kemudian pada kolom kategori, pilih opsi "Televisi". Setelah itu, isi merek dan model yang sesuai dengan TV kalian. TV yang sudah mendukung siaran digital akan tampil pada halaman itu.

Untuk diketahui, Kementerian Komunikasi dan Informatika akan membagi tahapan suntik mati TV analog dalam lima tahap. Diharapkan paling lambat 2 November 2022 masyarakat Indonesia dapat sepenuhnya beralih ke TV digital.

Related

Technology 5153140586721358656

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item