Bila Mengalami Hal-hal Ini, Berarti Kamu Sudah Butuh Kacamata


Naviri Magazine - Daya penglihatan rendah atau gangguan penglihatan karena kondisi rabun jauh, katarak, atau glaukoma, merupakan tantangan. Hal tersebut membuat orang butuh kacamata saat membaca atau mengemudi.

Tidak mengherankan, gangguan penglihatan yang lebih serius dikaitkan dengan tingkat depresi yang tinggi pada orang-orang dari segala usia. Melansir dari health.harvard.edu, berikut langkah-langkah kecil yang dapat dilakukan untuk mempermudah hidup ketika memiliki gangguan penglihatan.

Gunakan fitur aksesibilitas

Fitur komputer atau ponsel tertentu bisa sangat berguna. Misalnya, Anda dapat memperbesar huruf, foto, atau meminta komputer atau ponsel membacakan dokumen, kalender, teks, atau email. 

Tetapi, mungkin diperlukan sedikit pengetahuan teknologi untuk menyiapkan fitur-fitur tersebut atau setidaknya kesabaran untuk mencari langkah-langkah untuk mengaktifkan fitur dan mengerjakannya. Misalnya, komputer mungkin memiliki fitur aksesibilitas yang dapat membacakan area teks yang disorot.

Coba aplikasi yang bermanfaat

Banyak aplikasi ponsel masa kini dapat melakukan pekerjaan yang dapat membantu mempermudah pekerjaan. Salah satunya aplikasi yang dapat memperbesar gambar yang bekerja seperti kaca pembesar, memberi tampilan lebih dekat saat Anda memegang ponsel di atas suatu objek.

Ada juga aplikasi yang dapat melihat sesuatu yang ada di depan kita. Ada deskripsi singkat tentang apapun dari benda yang ditempatkan di depan kamera. Ada pula aplikasi yang dapat membacakan isi buku dan aplikasi asisten virtual seperti Google Assistant, yang melakukan pekerjaan yang sama seperti speaker pintar.

Sesuaikan posisi rumah secara terstruktur

Anda mungkin merasa terbantu membuat perubahan di sekitar rumah. Labeli objek seperti laci, buku, telepon, peralatan, botol bumbu, dan apapun yang mungkin perlu bantuan untuk mengidentifikasi. Gunakan huruf besar dan kontras tinggi pada label, membuatnya lebih mudah dilihat.

Barang lain dengan angka atau huruf ekstra besar termasuk buku, timbangan, termometer, papan ketik komputer, termostat, jam, pedometer, remote TV, kalkulator, dan jam tangan. Pencahayaan berperan penting dalam penglihatan. Tambahkan lebih banyak lampu di seluruh rumah untuk menerangi jalan atau mungkin membantu menerangi ruangan tertentu.

Pikirkan kembali saat ingin mengemudi

Mengemudi bisa sangat sulit bagi orang yang memiliki gangguan penglihatan. Jika mengemudi malam hari terlalu sulit, ajak teman atau anggota keluarga untuk mengantar di malam hari. 

Apabila terpaksa mengemudi, pilih jalan yang lebih sepi dan menghindari jalan raya, banyak lampu lalu lintas, dan lampu yang mendekat dan dapat menyebabkan silau ke mata.

Related

Tips 4672454357729381438

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item