Cara Merawat Power Steering agar Tidak Mudah Rusak


Naviri Magazine - Power steering adalah salah satu bagian penting pada kendaraan. Pasalnya, benda ini memudahkan kerja pengemudi dalam memutar roda, begitu juga dalam pengendalian mobil. Agar power steering bekerja secara optimal, rajin-rajinlah merawat perangkat sub mesin ini. 

Cara merawatnya mudah saja. Pertama, usahakan untuk tidak menunda-nunda jadwal servis berkala dan power steering adalah salah satu perangkat yang wajib dicek.

Kedua, Anda bisa mengecek warna minyak rem. Jika warnanya merah berarti masih bagus, tapi bila telah berubah menjadi hitam, itu tandanya minyak rem sudah jelek dan harus diganti. Namun sebaiknya penggantian dilakukan di bengkel dan hanya dikerjakan oleh teknisi terlatih.

Ketiga, perhatikan volume minyak rem. Tidak disarankan untuk menggunakan power steering bila volume minyak rem di bawah tanda min (minimum), karena akan merusakkan seal dan komponen lain.

Keempat, gantilah minyak rem setelah 30.000 kilometer atau pemakaian satu tahun. Penggantian atau penambahan minyak rem harus sesuai dengan buku manual produsen mobil.

Kelima, pada saat servis rutin, mintalah mekanik untuk mengecek kondisi drive belt (belt penggerak pompa power steering yang berasal dari mesin).

Related

Tips 2421447064588114552

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item