Ingin Coba Buka Usaha? Ini 4 Tips Penting yang Perlu Diperhatikan


Naviri Magazine - Mencari pemasukan tambahan dengan membuat bisnis sampingan bisa jadi salah satu strategi yang bisa dilakukan di masa-masa sulit. Namun, untuk memulai bisnis tentu tidak mudah, terutama buat mereka yang pemula.

Makanya diperlukan cara dan strategi jitu sebelum memulai usaha, apalagi di tengah perekonomian yang tidak menentu. Nah, untuk memulai suatu bisnis, pemula bisa mengikuti langkah-langkah berikut dengan benar.

1. Fokus Satu Peluang Bisnis

Untuk yang baru memulai, sebaiknya kita fokus hanya pada satu bisnis terlebih dahulu. Dengan fokus pada satu peluang, maka seluruh ide dan pikiran kita untuk mengembangkan bisnis akan lebih terarah. Hal ini akan memudahkan kita dalam mengeksekusi semua ide-ide tersebut.

Lalu ambil produk bisnis atau jasa yang sedang dibutuhkan masyarakat. Misalnya saat pandemi ini, banyak masyarakat membutuhkan alat kesehatan dan kebersihan seperti masker hingga hand sanitizer. Tren ini bisa diambil sebagai ide untuk mengawali bisnis.

2. Lakukan Hal yang Disukai

Jika kita melakukan apa yang kita sukai, maka kita akan melakukannya dengan sepenuh hati, termasuk dalam bekerja dan berbisnis. Segala pekerjaan jika digeluti dengan sepenuh hati akan membuahkan hasil yang maksimal tentunya.

Sebagai catatan, kamu juga tak boleh abai dengan kebutuhan pasar dan peluang di depan mata. Maka kamu harus mensinkronkan antara yang kamu sukai dan juga yang disukai pasar sehingga bisnis bisa berjalan lancar.

3. Pelajari Detail Bisnis yang akan Dijalankan

Penting untuk terus mempelajari dan menguasai seluk-beluk bisnis kita. Selain jadi bekal untuk pengembangan, hal ini juga akan berguna ketika ada investor yang tertarik dengan bisnis kita, meskipun ini masih terlalu jauh.

Cobalah membuat perencanaan awal atau business plan tentang produk atau jasa yang akan kamu jual. Pelajari dari hulu ke hilir, dari suplai hingga kondisi pasar. Ini akan jadi pijakan atau pondasi kuat untuk bisnis yang akan kamu jalankan.

4. Action

Speak less, do more. Buktikan semuanya melalui tindakan, bukan melalui kata-kata, karena dengan begini, orang akan lebih bisa menilai hasil kerjamu. Persiapan boleh dilakukan dengan matang, tetapi aksi juga tak kalah penting untuk memulai suatu bisnis.

Sebagus apapun ide bisnismu, jika tidak dijalankan maka akan sia-sia. Jangan takut, sebab dengan perencanaan yang matang dan pertimbangan yang cukup sudah lebih dari cukup untuk memulai bisnis. Kamu bisa sambil jalan untuk memperbaiki hal yang kurang sambil menjalankan bisnis.

Related

Tips 2940035981041474630

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item