Ini 3 Cara Baru agar Bisnis Selalu Terkoneksi dengan Pelanggan


Naviri Magazine - Mempertahankan loyalitas adalah tentang mengadaptasi penawaran, tergantung pada perubahan kebutuhan pelanggan. Hal ini termasuk dengan mengetahui kebutuhan pelanggan, bahkan sebelum mereka merasa membutuhkan.

Agar dapat memprediksi apa yang dibutuhkan oleh pelanggan, maka perusahaan harus menjaga hubungannya. Dilansir dari Entrepreneur, berikut tiga cara usaha dapat beradaptasi dengan perubahan hubungan pelanggan.

Lihat dan tinjau perkembangan bisnis

Jika menumbuhkan basis pelanggan adalah prioritas untuk bisnis saat ini, luangkan waktu sejenak untuk merenungkan biaya jangka panjang dari pertumbuhan, baik dari segi reputasi maupun finansial, untuk menentukan apakah itu merupakan jalur yang berkelanjutan.

Bagian dari evaluasi dampak ini adalah melihat faktor-faktor yang dapat dikendalikan atau setidaknya dipertahankan, terutama selama krisis banyak perusahaan yang mengalami krisis dan terpaksa memfokuskan kembali prioritas, sumber daya, dan tujuan untuk bertahan dari krisis. 

Penelitian oleh Forrester juga menunjukkan pelanggan baru dapat menghabiskan biaya lima kali lebih banyak untuk berkonversi daripada pelanggan yang sudah ada. Oleh karena itu, jangan takut kehilangan kesempatan untuk berkembang.

Fokus pada keunggulan operasional tetapi tetap berpusat pada pelanggan

Keunggulan operasional itu penting, tetapi menjalankan proses 10 persen lebih baik dari tahun sebelumnya tidak masalah, walaupun meleset dari sasaran dengan basis pelanggan. 

Baru-baru ini, bisnis mulai memanfaatkan pola pikir berbeda yang melihat pengalaman pelanggan. Konvergensi keunggulan proses dan pengalaman pelanggan juga menjadi hal yang penting, dan sebaiknya tertanam dalam struktur bisnis dan di dalam tim.

Gunakan data agar lebih tepat sasaran

Di era pascapandemi, pemasaran digital dan saluran komunikasi sosial menjadi penting, dan bila digunakan dengan benar dapat menawarkan wawasan yang lebih spesifik tentang perilaku pelanggan. Anda bisa saja melakukan survei kepada pelanggan, dan semakin banyak data maka akan akurat wawasan ini.

Melihat data dari waktu ke waktu akan semakin mengidentifikasi area untuk peningkatan proses yang berpusat pada persona, sekaligus memberdayakan pemetaan bisnis, perubahan, dan transformasi operasional. 

Selain itu, dengan melihat data maka memungkinkan Anda menyesuaikan proses dan menjaga kepuasan pelanggan, bahkan di lingkungan yang berubah dengan cepat, meningkatkan loyalitas, dan tingkat retensi. Dengan menggunakan adaptasi ini, maka bisnis dapat keluar dari krisis dengan dasar-dasar yang tepat.

Related

Tips 1460293420577335185

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item