Ini Cara Mengatasi Batuk-Batuk Pasca Covid-19


Naviri Magazine - Meski dua minggu waktu isolasi mandiri telah berlalu, banyak orang masih merasakan gejala Covid-19 bahkan hingga berminggu-minggu selanjutnya. Hal ini disebut sebagai long covid. Meskipun telah banyak penelitian yang menunjukkan long covid tidak lagi berpotensi menular, gejala yang dialami sering kali mengganggu.

Gejala long covid yang dapat terjadi antara lain sesak napas, kelelahan, kesulitan tidur, dan yang paling umum adalah batuk-batuk. “Batuk adalah mekanisme tubuh untuk melindungi paru-paru dari substansi berbahaya,” tulis laman NHS Inform.

Batuk-batuk merupakan hal yang normal dan penting bagi tubuh. Hanya, infeksi pada paru-paru bisa saja menimbulkan iritasi sehingga pasien mengalami batuk kering. Batuk kering adalah gejala Covid-19 paling umum, meskipun beberapa orang mengalami batuk berdahak.

Dikutip dari everydayhealth.com, berikut ini cara mengatasi batuk yang tak kunjung usai pasca-Covid-19:

Minum air yang cukup. Pastikan Anda tetap terhidrasi sepanjang hari dengan meminum air mineral minimal delapan gelas sehari. Jika Anda sudah mulai batuk-batuk, minum sedikit air setelahnya.

Menghisap manisan seperti permen dapat membantu melegakan batuk kering.
Mengonsumsi teh hijau. Teh hijau terbukti dapat membantu meredakan batuk dan telah menjadi obat batuk selama ratusan tahun.

Mengonsumsi madu dapat membantu meredakan batuk. Madu dapat mengatasi batuk, sama seperti obat yang mengandung dekstrometorfan.

Sediakan air mendidih, kemudian posisikan kepala Anda berada di atasnya agar uap air tersebut dapat masuk ke lubang hidung. Melakukan ini dapat melembabkan hidung dan tenggorokan. Anda dapat menyelubungi kepala Anda dan panci air dengan handuk agar uap air tidak kemana-mana.

Tinggikan kepala Anda menggunakan bantal atau guling saat berbaring. Tidur dengan posisi ini dapat mengurangi batuk.

Minum atau habiskan obat yang dikirimkan oleh dokter untuk membantu Anda dalam menghadapi gejala Covid-19.

Hindari hal-hal berikut: merokok, polusi udara, penyegar udara, lilin beraroma menyengat, parfum atau deodoran beraroma menyengat.

Long covid dapat berlangsung hingga 12 minggu atau lebih. Jika gejala pasca-Covid-19 masih dirasa sangat mengganggu aktivitas Anda, Anda disarankan untuk menghubungi dokter. Dalam beberapa kasus, pemindaian paru-paru dimungkinkan untuk dilakukan. Dokter dapat memberikan obat dan penanganan yang sesuai dengan kondisi Anda.

Related

Health 1719982418784767958

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item