Kapan Waktu Terbaik Memangkas Rambut Kemaluan? Ini Saran Pakar


Naviri Magazine - Setiap perempuan memiliki pendapat yang berbeda saat membicarakan rambut kemaluan. Beberapa orang lebih menyukai tidak dicukur, sebagian lagi merasa rambut kemaluan harus dicukur. Alasannya karena merasa 'risih' dan menghindari berkumpulnya bakteri atau jamur.

Ada dua cara yang dapat dilakukan untuk memangkas rambut kemaluan, yaitu dengan teknik pencabutan dan menggunakan alat epilator. Ginekolog dr Jen Gunter menjelaskan perbedaan antara keduanya dalam buku berjudul 'The Vagina Bible'. Buku tersebut berisi penjelasan seputar vagina, mulai dari menstruasi, kebersihan, infeksi menular seksual, dan menopause.

"Rekomendasi medis paling aman untuk menghilangkan rambut adalah dengan alat potong. Sebab memotong rambut dilakukan di atas kulit yang tidak menyebabkan trauma. Tetapi, banyak wanita yang memilih dengan alat cukur," tulis dr Gunter dalam bukunya, seperti dikutip dari Mirror.

Menurutnya, waktu terbaik untuk mencukur adalah setelah mandi. Menurutnya, kelembapan membuat potongan menjadi lebih bersih.

Ia menyarankan untuk menggunakan krim terlebih dahulu sebelum mencukur dan hindari memakai sabun. Krim berguna untuk meminimalisir 'mikrotrauma' atau cedera.

Cukurlah ke arah pertumbuhan rambut untuk mengurangi risiko patahnya batang rambut di bawah permukaan kulit. "Semakin rendah potongannya, semakin dalam batang rambut masuk ke dalam folikel rambut. Semakin besar juga risiko rambut tumbuh ke dalam," katanya.

Selain itu, dr Gunter juga menyarankan untuk tidak mengencangkan kulit dengan tangan saat bercukur. Pisau cukur listrik dapat digunakan jika memungkinkan.

Related

Tips 7940571709656303878

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item