Kisah 3 Penemuan 'Harta Karun' Tak Terduga, Ada yang Triliunan Rupiah


Naviri Magazine - Banyak kejadian tak terduga mengenai orang-orang yang menemukan 'harta karun' bernilai ratusan juta hingga triliunan rupiah. Berikut ini rangkuman momen-momen langka tersebut.

1. Rp 1,37 M di Kulkas Bekas

Pria Korea Selatan menemukan uang tunai senilai 130.000 dolar Singapura atau setara Rp 1,37 miliar (kurs Rp 10.584). Uang tersebut tersembunyi di bawah lemari es tua yang dibelinya secara online.

Menurut MBC News yang dikutip dari media Singapura, Mothership, ada total 2.200 lembar senilai 110 juta won (130.000 dolar Singapura).

Pria itu menemukan uang tersebut saat membersihkan lemari es yang baru dibeli dan alih-alih menyimpannya, dia pergi ke kantor polisi untuk mengajukan laporan.

2. Batu Safir Rp 1,4 T di Galian Rumah

Seorang penggali sumur di Sri Lanka menemukan batu safir bintang terbesar di dunia. Seorang pedagang permata mengatakan batu itu ditemukan oleh pekerja yang sedang menggali sumur di rumahnya di daerah Ratnapura yang kaya permata.

Para ahli mengatakan batu berwarna biru pucat itu diperkirakan bernilai US$ 100 juta atau setara Rp 1,4 triliun (kurs: Rp 14.000/US$) di pasar internasional. 

Batu safir bintang tersebut memiliki berat sekitar 510 kilogram atau 2,5 juta karat dan diberi nama "Serendipity Sapphire".

3. Rp 500 Juta di Plastik Hitam

Di Indonesia juga ada penemuan 'harta karun' Rp 500 juta oleh petugas di stasiun. Direktur Utama PT KAI (Persero), Didiek Hartantyo, memberi penjelasan lengkap atas penemuan uang tersebut di KRL. Uang tersebut ditemukan oleh Egi Sandi dan Mujenih.

Egi merupakan petugas pengawal kereta yang bertugas mengamankan naik-turunnya penumpang. Sementara Mujenih merupakan petugas kebersihan dengan status outsourcing yang bertugas membersihkan KRL ketika operasi. Kemudian, temuan itu dimasukkan ke sistem kehilangan barang.

"Egi yang pertama kali sekali menemukan plastik hitam yang isinya ternyata uang Rp 500 juta," katanya di Kementerian BUMN dan disiarkan secara online.

Related

World's Fact 1209365113766648529

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item