Mengapa Sekarang Banyak Motor yang Tidak Memiliki Kick Starter? Ini Penjelasannya


Naviri Magazine - Kick starter untuk menghidupkan mesin sepeda motor mulai ditinggalkan banyak produsen motor, dan mereka beralih mengandalkan electric starter atau model tombol. Pengendara cukup menekan tombol di batang kemudi untuk menyalakan jantung penggerak.

Sejumlah model sepeda motor di Indonesia kini sudah meninggalkan starter engkol umumnya skutik di antaranya, Yamaha Nmax, Honda PCX, Honda Vario, Honda Scoppy, Honda ADV150, Yamaha Aerox, dan ada juga dari segmen motor sport seperti Honda CBR250RR, Kawasaki Ninja 250, Yamaha R25, dan Yamaha Vixion.

Ada berbagai alasan mengapa pabrikan meninggalkan kick starter. Berikut alasannya.

Tren berubah

Tren sepeda motor terus berubah dan kini jadi lebih simpel dan praktis. Bahkan di luar negeri sudah banyak motor yang lebih memilih menggunakan electric starter ketimbang kick starter.

Di luar negeri juga bukan hanya motor matic yang memilih menggunakan kick starter, tapi juga dari segmen motor besar (moge), motor sport dan premium.

Ada indikator aki

Indikator aki menjadi media informasi untuk mengetahui kondisi aki. Indikator aki ini mempermudah kamu untuk mengetahui bagaimana kondisi aki terkini. Apakah aki memang masih bagus atau sudah saatnya untuk diganti.

Di beberapa motor sudah terpasang fitur itu, atau bisa dengan menambahkan alat tersebut di motor. Dengan alat tersebut, pengendara tidak perlu khawatir tiba-tiba aki soak.

Kick starter bisa rusak

Sejak ada electric starter, kick starter sudah jarang digunakan untuk menghidupkan mesin motor. Selain merepotkan, kick starter juga terkadang membutuhkan tenaga ekstra.

Meskipun demikian, starter engkol tetap berguna. Misalnya saja saat motor kehabisan aki, maka kick starter berguna untuk menyalakan motor yang mati sehingga bisa digunakan kembali.

Jarang menggunakan kick starter membuat komponen ini macet dan mengeras, karena kotoran menumpuk setelah lama tidak digunakan.

Merusak komponen lain jika jarang digunakan

Kick starter yang jarang digunakan memicu kerusakan pada komponen lainnya. Dengan kehadiran kick starter, motor yang akinya sudah harus diganti justru akan dibiarkan oleh pengendara karena motor masih bisa dihidupkan dengan memanfaatkan kick starter tadi. 

Padahal fungsi aki pada kendaraan bermotor sangat penting untuk mendukung kelistrikan motor. Maka dari itu, meski ada kick starter, aki harus tetap kita ganti jika sudah habis.

Sebab itu, agar pengguna lebih disiplin dalam melakukan perawatan berkala pada aki motor, maka starter engkol dihilangkan.

Related

Automotive 2097839286841446696

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item