Tips agar Tidak Mudah Mengantuk di Siang Hari (Bagian 1)


Naviri Magazine - Secara umum, orang menggunakan siang hari sebagai waktu bekerja, beraktivitas, hingga menikmati liburan. Ketika sedang bekerja dan beraktivitas, kita tentu ingin tubuh dalam kondisi fit, sehingga dapat bekerja dan beraktivitas dengan baik. 

Bahkan saat liburan pun, kita tentu ingin menikmati liburan dengan baik dan menyenangkan. Yang kadang menjadi masalah adalah jika Anda sering merasa mengantuk pada siang hari.

Tentu bukan hal menyenangkan saat Anda bekerja sambil menguap terus menerus. Acara liburan juga pasti akan terasa kurang nyaman jika Anda merasakan mata yang ingin dipejamkan. Bagaimana pun, mengantuk pada siang hari bisa menurunkan kinerja dan produktivitas, mengurangi mood bekerja, hingga merusak acara liburan yang seharusnya menyenangkan.

Biasanya, masalah mengantuk di siang hari dimulai masalah pada malam hari. Umumnya, jika Anda kurang tidur pada malam hari, Anda juga akan mudah mengantuk pada siang hari. Berikut ini beberapa tip yang bisa Anda perhatikan jika ingin menghindari masalah kantuk yang biasa muncul di siang hari.

Cukupi waktu tidur malam hari

Yang pertama dan terutama adalah memastikan waktu tidur Anda di malam hari dalam jumlah yang cukup. Waktu tidur yang berkurang, meski hanya kurang satu atau dua jam, akan berpengaruh pada waktu siang yang Anda jalani. 

Salah satunya adalah mudah mengantuk dan mudah menguap. Pastikan Anda tidur dalam waktu 8 jam, sehingga dapat bangun dengan tubuh yang segar, dan dapat menjalani hari tanpa diganggu kantuk yang terus menyerang.

Gunakan tempat tidur hanya untuk tidur

Sering kali, yang menjadikan orang tidur dalam jumlah kurang bukan karena memang sulit tidur, melainkan karena orang sengaja memotong waktu tidurnya dengan berbagai alasan. 

Keberadaan televisi di kamar tidur, misalnya, sering menggoda kita untuk terus menontonnya, hingga lupa waktu tidur. Begitu pula komputer, video games, dan lain-lain. Karena itu, sebaiknya gunakan kamar tidur hanya sebagai tempat tidur, agar Anda benar-benar mudah tidur, karena pikiran fokus pada tidur.

Konsisten dengan waktu bangun tidur

Orang yang sering mengantuk di malam hari biasanya disarankan untuk tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, termasuk di akhir pekan atau di hari libur. 

Namun, jika Anda kebetulan menderita insomnia, saran itu kadang sulit dilakukan, karena bisa jadi Anda sulit terlelap pada malam hari saat sudah bersiap tidur. Karenanya pula, Anda pun kesulitan jika harus mematok jam atau waktu yang sama untuk tidur malam.

Jika Anda mengalami masalah insomnia, sehingga sulit tidur pada waktu yang sama setiap malam, maka Anda bisa mematok waktu bangun tidur. Jika Anda memutuskan untuk bangun pukul 06:00, misalnya, Anda perlu konsisten untuk bangun pada jam tersebut, tak peduli tadi malam Anda tidur jam berapa pun. 

Kebiasaan bangun tidur pada waktu yang sama akan membantu ritme tubuh. Jika Anda rutin melakukan hal tersebut, Anda akan lebih mengantuk pada malam hari, sehingga lebih mudah untuk tidur di hari berikutnya.

Majukan waktu tidur secara perlahan

Upaya lain untuk tidur lebih konsisten pada malam hari adalah dengan mencoba memajukan waktu tidur hingga 15 menit setiap malam, hingga 4 malam berturut-turut. Setelah itu, pertahankan waktu yang terakhir. 

Misalnya, Anda biasa tidur pukul 22:00. Cobalah majukan waktu itu 15 menit, sehingga Anda mulai bersiap tidur pada pukul 21:45. Besok malamnya, majukan lagi 15 menit, hingga menjadi 21:30. Begitu seterusnya, sampai malam kempat. Setelah itu, biasakan untuk tidur sebagaimana jadwal yang Anda lakukan pada malam keempat.

Memajukan waktu tidur secara perlahan, seperti yang ditunjukkan di atas, memiliki kemungkinan untuk berhasil lebih tinggi, dibandingkan jika Anda memajukan waktu tidur dalam jumlah banyak sekaligus, misalnya satu jam, secara mendadak.

Baca lanjutannya: Tips agar Tidak Mudah Mengantuk di Siang Hari (Bagian 2)

Related

Tips 5361980309373650959

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item