Tips Memaksimalkan Tidur untuk Membakar Kalori


Naviri Magazine - Ada banyak orang yang mengalami masalah berat badan berlebih, dan berupaya menurunkan berat badan dengan beragam cara. Umumnya, olah raga menjadi pilihan banyak orang, karena aktivitas itu menjadikan tubuh mengeluarkan keringat dengan harapan membakar kalori sebanyak mungkin.

Saat usia masih relatif muda dan memiliki stamina yang cukup, orang tentu masih mampu melakukan berbagai latihan dalam upaya menjaga berat badan. Namun, saat usia makin menanjak, olah raga atau latihan yang mengandalkan kekuatan fisik menjadi sangat berisiko. Pada masa itu, biasanya mereka akan mulai mencari alternatif lain untuk membakar kalori.

Yang mungkin masih jarang diketahui orang adalah, kita bisa memaksimalkan pembakaran kalori di saat tubuh beristirahat. Dengan kata lain, bahkan saat tidur pun, kita bisa membakar kalori, dalam upaya menjaga berat badan. Namun, agar tujuan itu tercapai, kita harus memperhatikan beberapa hal, agar tidur yang kita lakukan sehari-hari bisa membantu menurunkan berat badan.

Makan malam 3 jam sebelum tidur

Perhatikan makan malam Anda. Apakah Anda biasa makan malam mendekati waktu tidur? Jika ya, sebaiknya ubah kebiasaan itu, karena makan malam yang dekat waktu tidur menjadikan proses pencernaan tidak lengkap, sementara sistemnya menjadi lambat. 

Hasilnya, tidak hanya akan membuat timbunan lemak bertambah, namun juga merusak sistem pencernaan yang menyebabkan masalah lain, misalnya sembelit.

Sebaiknya, makan malamlah lebih awal, setidaknya 3 jam sebelum tidur. Makan malam lebih awal akan memastikan pencernaan yang tepat, dan membantu menjaga sistem pencernaan serta tingkat metabolisme yang baik selagi Anda beristirahat.

Berjalan setelah makan

Selain menjalankan kebiasaan makan malam lebih awal, hal lain yang juga perlu dibiasakan adalah berjalan-jalan setelah makan malam. Setelah selesai makan malam, Anda bisa berjalan-jalan lambat atau sedang. 

Aktivitas itu akan membantu sistem pencernaan berfungsi lebih baik, dan menjaga metabolisme tetap tinggi selama jam tidur. Selain itu, aktivitas jalan kaki selama beberapa saat juga membantu meningkatkan kualitas tidur Anda.

Latihan kekuatan fisik 

Jika memungkinkan, lakukan latihan atau olah raga yang melibatkan kekuatan fisik, meski Anda tidak perlu terlalu memaksakan diri. Dalam studi, diketahui bahwa orang-orang yang berlatih mengangkat beban di siang hari mampu membakar lemak lebih banyak selama sesi latihan, sepanjang hari, dan bahkan di malam hari. Latihan kekuatan fisik membantu meningkatkan metabolisme tubuh, dan membakar banyak kalori ketika tubuh sedang beristirahat.

Minum teh hijau atau air lemon hangat 

Teh hijau atau air lemon hangat mengandung antioksidan yang dapat melindungi tubuh terhadap kerusakan yang disebabkan radikal bebas, yang menyebabkan tingkat metabolisme tubuh menurun. Kedua minuman itu juga dapat membuat Anda merasa segar dan energik sepanjang hari.

Tidur dalam waktu yang cukup

Bagaimana pun, Anda harus mendapat waktu tidur yang cukup. Tidur yang cukup dan berkualitas adalah salah satu kunci penting dalam hal kesehatan. Orang yang kurang tidur memiliki metabolisme yang lambat pada siang hari, dan cenderung menambah berat badan. Sebaliknya, jika kebutuhan tidur terpenuhi, Anda akan memiliki metabolisme yang lebih baik, sepanjang hari.

Rileks dan bermeditasi sebelum tidur

Saran untuk rileks sebelum tidur mungkin agak sulit, jika Anda terbiasa membawa pikiran-pikiran berat, ketegangan, dan kecemasan, ke tempat tidur. Namun Anda perlu mencoba membiasakan rileks sebelum tidur, karena hal itu tidak hanya berdampak baik pada kualitas tidur Anda, namun juga untuk pikiran dan jiwa Anda.

Jika Anda biasa tidur dalam keadaan kacau, pikiran tidak tenang, tegang dan cemas, Anda bisa mempelajari teknik meditasi atau relaksasi. Kemudian praktikkan sebelum beranjak tidur, sehingga Anda dapat mencegah kekhawatiran dan menghindari penambahan berat badan. Ingatlah selalu, tidur yang baik akan mengarahkan Anda pada kesehatan yang baik.

Related

Tips 7688013392268414025

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item