Tips untuk Ibu Hamil: Agar Tidur Bisa Nyenyak Selama Masa Kehamilan


Naviri Magazine - Karena perut yang makin membesar dan kondisi lainnya tersebut, ibu hamil sering merasa sulit tidur, atau setidaknya sulit tidur nyenyak. Apabila sudah begitu, ibu hamil pun biasanya memikirkan bagaimana kondisi janin dalam kandungannya. Ada kabar baik dalam hal ini, bahwa meski Anda mungkin kurang tidur, hal itu tidak membahayakan bayi Anda.

Namun, meski begitu, istirahat sebanyak mungkin adalah hal yang paling ideal untuk ibu hamil, agar kesehatan tubuhnya senantiasa terjaga. Untuk itu, berikut ini beberapa tip yang bisa Anda lakukan agar bisa tidur lebih nyenyak.

Carilah posisi tidur yang nyaman

Hal paling penting dalam upaya tidur yang nyenyak atau nyaman adalah menemukan posisi yang paling baik bagi Anda. 

Selama kehamilan, posisi tidur terbaik yang disarankan adalah tidur dengan miring ke sisi kiri Anda, karena hal tersebut dapat membantu mengoptimalkan aliran darah oksigen dan nutrisi ke plasenta. 

Posisi tersebut menjadikan rahim tidak menekan pembuluh darah besar yang dapat mengganggu aliran darah dari ibu ke janin, sehingga asupan darah untuk pertumbuhan janin pun tetap dapat berjalan dengan baik.

Letakkan bantal di bawah kaki

Untuk membantu Anda merasa rileks, Anda bisa meletakkan bantal di bawah kaki Anda. Dua bantal di bawah tumit hingga betis, dan satu bantal di bawah pangkal paha. Cara ini akan memungkinkan Anda merasa lebih nyaman, karena seluruh kaki memiliki penahan.

Mandi dengan air hangat

Ini bisa menjadi terapi agar mudah tidur, baik untuk yang tidak hamil ataupun untuk ibu yang sedang hamil. Karenanya, Anda pun bisa membasuh tubuh Anda dengan mandi air hangat (suam-suam kuku), dengan sabun yang wangi, agar rasa segar tersebut membantu Anda untuk lebih siap tidur.

Hindari makan terlalu banyak

Selama kehamilan, Anda bisa saja sering merasa ingin makan sesuatu pada malam hari. Hal itu wajar saja, karena ibu hamil memang cenderung mudah lapar. Namun, jika Anda terlalu banyak makan menjelang tidur, maka hal itu akan dapat mempengaruhi tidur Anda. 

Untuk itu, sebaiknya hindari makan dalam porsi banyak atau terlalu kenyang pada waktu menjelang tidur. Jika ingin sekali menyantap sesuatu, Anda bisa menggantinya dengan makanan ringan atau susu hangat.

Minumlah segelas susu hangat

Meminum segelas susu hangat akan dapat membantu Anda tidur lelap, karena susu mengandung asam amino tryptophan yang meningkatkan kadar serotonin dalam otak, sehingga hal itu menjadikan Anda lebih mudah tidur.

Dengarkan musik yang lembut

Mendengarkan musik yang lembut dapat memberikan rasa ketenangan dan perasaan rileks pada diri Anda. Untuk itu, Anda bisa memilih musik yang Anda sukai dan mampu membantu menenangkan Anda. Dengan perasaan tenang dan pikiran yang rileks, maka Anda pun akan lebih mudah tidur karena suasana akan terasa nyaman.

Lakukan hubungan seks

Melakukan hubungan seksual dengan pasangan Anda juga bisa menjadi salah satu cara yang baik dalam memberikan perasaan santai dan rileks, sehingga memungkinkan Anda mudah tidur. Namun, jika sedang tidak menginginkannya, Anda bisa meminta pasangan Anda untuk memberikan pijatan lembut, sehingga Anda juga dapat merasa lebih rileks dan nyaman.

Bernapas secara teratur

Menarik napas secara teratur dapat menjadi terapi agar cepat tidur. Tanpa Anda sadari, mungkin Anda tidak bernapas secara teratur selama sulit tidur. Karenanya, sekarang Anda dapat mulai melatih diri bernapas secara teratur sambil menunggu rasa kantuk datang. 

Carilah posisi yang nyaman, baik duduk, berdiri, atau berbaring, lalu tariklah napas melalui hidung secara perlahan, dan kemudian tahan selama 1 sampai 2 detik. Setelah itu keluarkan napas melalui mulut secara perlahan. Lakukan hal tersebut beberapa kali. Bernapas secara teratur dapat mengurangi ketegangan otot, dan membantu Anda untuk tidur lebih baik.

Nyamankan kamar tidur Anda

Kamar tidur yang semrawut atau acak-acakan tidak jarang menjadikan Anda sulit tidur. Karenanya, pastikan kamar tidur Anda benar-benar bersih dan nyaman. Silakan gunakan AC atau kipas angin jika diperlukan, dan gunakan selimut tebal jika merasa dingin.

Beristirahatlah setiap ada waktu

Gangguan sulit tidur adalah masalah umum yang biasa dialami wanita selama kehamilan. Karenanya, setiap kali menemukan waktu yang kosong, gunakanlah sebaik-baiknya untuk istirahat, setidaknya sebagai pengganti waktu tidur Anda yang mungkin berkurang. 

Berolahraga di waktu siang

Upayakanlah untuk berolahraga secara teratur pada waktu siang hari, karena hal tersebut akan membantu peredaran darah lebih lancar, yang akan memungkinkan Anda lebih mudah tidur pada waktu malam hari.

Ikuti kelas yoga atau senam hamil

Jika Anda merasa sulit tidur karena perasaan gelisah atau khawatir atas kehamilan yang sedang Anda jalani, Anda bisa mempertimbangkan untuk mengikuti kelas yoga atau senam kehamilan. Di sana Anda akan bertemu dengan ibu-ibu hamil lain, dan dapat saling berbagi pengalaman.

Related

Tips 3887737531513355769

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item