Wow! Indonesia Negara Pemakan Mie Instan Terbanyak ke-2 di Dunia


Naviri Magazine - Mie instan jadi makanan favorit orang Indonesia. Terbukti, Indonesia menempati urutan kedua daftar negara pengonsumsi mie instan terbanyak di dunia.

Bukan rahasia lagi kalau mie instan adalah makanan andalan orang Indonesia. Harganya murah, rasanya enak, dan membuatnya juga praktis.

Meski berbagai isu efek samping kesehatan muncul akibat makan mie instan, orang Indonesia seolah tak memedulikannya. Mie instan nyatanya masih laris diburu di pasaran.

Data World Instant Noodles Association (WINA) menunjukkan Indonesia ada di urutan dua daftar negara pengonsumsi mie instan terbanyak di dunia. Jumlahnya mencapai 12.640 juta porsi per tahun.

Posisi pertama ditempati China/Hong Kong dengan jumlah 46.350 juta porsi. Lalu disusul Vietnam di posisi ketiga (7.030 juta porsi), India (6.730 juta porsi), dan Jepang (5.970 juta porsi).

Mengutip Good News From Indonesia, dua produsen mie instan asal Indonesia yaitu Indomie dan Mie Sedaap juga tergabung dalam WINA. Bahkan Indomie melalui PT Indofood Sukses Makmur Tbk. menjadi anggota dengan identitas sebagai "Governor".

Artinya, Indomie menjadi salah satu produsen mie instan dari 15 negara atau kawasan teratas dalam hal ukuran pasar.

Sementara Mi Sedaap melalui PT Wings Surya menjadi "Reguler Member" dalam struktur keanggotaan WINA. Reguler Member merujuk pada produsen utama di negara atau wilayahnya masing-masing di antara negara atau wilayah utama produsen mie instan.

Bukti lain dari popularitas Indomie dan Mi Sedaap juga terlihat pada data Fast Moving Customer Goods (FMCG) mengenai produk yang paling banyak dibeli masyarakat Indonesia.

Indomie menempati urutan pertama dengan jumlah 2.190 juta. Sedangkan Mi Sedaap ada di posisi ketiga dengan perolehan 1.799 juta.

Tingginya minat beli orang Indonesia terhadap mie instan menandakan tingginya konsumsi mie instan di Indonesia. Berdasarkan Suvei Sosial Ekonomi Nasional (SUSENAS), terdapat 92 persen atau sekitar 248,7 juta penduduk Indonesia yang pernah mengonsumsi mie instan.

Mie instan juga menjadi salah satu menu penggeser nasi sebagai makanan pokok orang Indonesia. Pasalnya SUSENAS 2020 melaporkan bahwa dalam lima tahun terakhir, pola konsumsi nasi per kapita sebulan mengalami penurunan.

Konsumsi nasi sebesar 6.977 kg menjadi 6.412 kg atau menurun 8,10 persen. Di sisi lain, komoditas tepung terigu, ketela pohon, dan mi mengalami peningkatan.

Hal ini menandakan terjadi peralihan konsumsi dari makanan pokok berupa beras ke komoditas lokal lain, seperti tepung terigu (+20,36 persen), ketela pohon (+16,01 persen), dan makanan jadi seperti mie (+12,53 persen).

Bukti lain dari kepopuleran mie instan di Indonesia adalah munculnya banyak varian mie instan di pasaran. Netizen lantas mengkreasikan mie instan menjadi beragam sajian nikmat yang beberapa resepnya bahkan jadi viral di media sosial.

Related

Indonesia 2365850293040193074

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item