Bisa Bikin Bisnis Loyo, Ini 5 Kesalahan yang Kerap Dilakukan Pengusaha Muda


Naviri Magazine - Kian kemari tidak sedikit anak muda yang mendambakan jadi seorang pengusaha muda, dengan cara melakoni berbagai bisnis, entah itu jasa, kuliner, hingga fesyen.

Tapi sayangnya, banyak godaan yang bisa menghambat pengusaha muda untuk bisa berkembang. Berikut ini 5 godaan yang berujung jadi kesalahan, yang kerap membuat pengusaha muda terlena, mengutip Foodizz.

1. Malas mencatat keuangan

Meski terkesan sepele, karena bisa mengandalkan ingatan, tapi ini kerap menghambat perkembangan usaha. Enggan mencatat keuangan bisa memicu tercampurnya pemasukan bisnis dan dana pribadi, dan membuat pemasukan tanpa sadar jadi berkurang terus menerus.

Maka mencatat keuangan saat berbisnis adalah hal yang wajib, apalagi kini semakin dipermudah dengan banyaknya aplikasi gratisan maupun yang berbayar yang bisa bantu mencatat keuangan usaha dengan rapi.

2. Terlambat berinovasi

Hanya karena satu atau dua menu kuliner jadi best seller, bukan berarti enggan berinovasi, mengingat setiap produk memiliki umurnya masing-masing. Ini karena berdasarkan pengalaman apa yang dijual sukses hari ini, belum tentu bertahan sebulan dua bulan ke depan.

Begitu juga dengan model layanan dan operasional. Maka, berinovasi adalah kunci untuk tetap eksis dalam persaingan.

Caranya bisa dengan rajin mengamati tren, baca ke mana pasar bergerak, lalu ambil kesimpulan apakah ada sesuatu hal positif yang bisa dilakukan dengan usaha yang sedang digeluti. Tapi, tentu akan jauh lebih keren jika mampu membuat tren produk usaha sendiri.

3. Terlalu percaya diri dengan customer

Jangan terlalu besar kepala dengan customer, karena bisa jadi saat dikira produk buatan Anda cocok untuk segmen customer X, ternyata malah melenceng. Apalagi jika membahas adanya pergeseran selera pasar serta tantangan dalam memelihara customer lama.

Sehingga cara paling efektif untuk dilakukan, dengan mendengar suara customer dan calon customer. Ada banyak inspirasi untuk produk dan teknik pemasaran yang bisa diterapkan dari konsumen.

4. Sangat idealis

Tetap idealis dengan memegang prinsip memang baik, tapi jika pemikiran ini malah tidak mendatangkan keuntungan, maka jangan memaksa membuat produk tersebut.

Kesalahan yang sering ditemui, pebisnis muda tetap kekeuh ingin mempertahankan gambaran ideal produknya tanpa menganalisa pasar, padahal produk itu tidak sesuai untuk kondisi saat ini.

Sehingga riset sangatlah penting. Idealis memang penting, agar tidak mudah terbawa arus, tapi tanpa fleksibilitas dan beradaptasi dengan perkembangan zaman akan jadi bumerang untuk bisnis yang dijalankan.

5. Hilang semangat

Para pebisnis pemula kerap hanya semangat di awal memulai usaha, tapi tidak merawat dan memupuk rasa semangat terus menerus. Jangan menyerah, meski rugi sekali bukan berarti pebisnis jadi mati langkah.

Agar belajar dari kesalahan, coba evaluasi kesalahan yang harus diperbaiki. Lalu supaya tetap semangat, maka perkuatlah dengan data karena untung rugi dalam bisnis adalah hal yang biasa.

Hanya melalui data, Anda jadi tahu apa yang harus dilakukan selanjutnya, sehingga bisa tetap semangat untuk terus melaju.

Related

Tips 1061751774732599314

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item