Ini 5 Alasan Kamu Harus Berani Ngomong Saat Diusik oleh Orang Lain


Naviri Magazine - Dalam menjalani hidup, terkadang kita tidak terhindar dari yang namanya pengusik. Orang-orang yang suka menganggu ketenangan hidup semacam itu biasanya hanya ingin membuatmu tidak nyaman. Apa yang kamu lakukan ketika menghadapi orang semacam itu?

Kebanyakan orang cenderung membiarkan perbuatan tersebut karena tak mau menambah masalah. Padahal dengan membiarkannya saja, masalahmu akan menumpuk. Ada beberapa alasan mengapa kamu harus berani speak up jika diusik orang lain. Untuk penjelasannya, simak pembahasan ini.

1. Kamu perlu bersikap tegas terhadap orang yang mengusikmu

Percayalah bahwa sikap tegas memang harus diperlihatkan kepada orang-orang yang suka mengusik. Hal itu dilakukan agar mereka tidak memandangmu sebelah mata sehingga gangguan yang dilakukannya bisa dikurangi. Maka dari itu mulai sekarang cobalah untuk berani mengutarakan perasaanmu jika tidak suka dengan perlakuannya.

2. Jika dibiarkan, kamu akan terus-terusan ditindas

Segala macam bentuk penindasan memang tidak bisa dibenarkan. Begitupula ketika kamu merasakan hal tersebut, yang harus dilakukan adalah melawannya. Namun apakah kamu masih sering diam saja meskipun hal tersebut dilakukan oleh orang lain kepadamu?

Hal itu tentunya akan membuat si penindas menjadi lebih leluasa dalam melakukan tindakan buruknya. Agar hal itu tidak terjadi, cobalah untuk berani menentangnya jika memang sudah benar-benar kelewatan.

3. Hal itu akan membuang kebiasaan gak enakan

Ketidak beranian dalam speak up itu biasanya dilandasi oleh sikap gak enakan dari dalam diri. Ingatlah bahwa terkadang sikap gak enakan itu hanya akan membuatmu menjadi manusia yang kurang tegas sehingga mudah ditindas.

Kamu pasti cenderung memikirkan perasaan orang lain daripada diri sendiri. Mulai sekarang cobalah untuk stop mempertahankan kebiasaan gak enakan dengan cara melakukan hal di atas.

4. Kamu berhak menjalani hidup dengan tenang

Tidak bisa diganggu gugat bahwa setiap orang itu memiliki hak untuk hidup tenang. Begitupula dirimu, semua ganggaun yang dirasakan sebab pengusik itu wajib dihilangkan. 

Salah satu caranya adalah dengan berani ngomong kepadanya bahwa kamu memang benar-benar tidak nyaman. Jangan terus-terusan merasa nyaman bila ditindas karena hal itu akan membunuhmu secara perlahan.

5. Kamu akan menjadi penakut jika tidak berani speak up
Jika tidak berani speak up saat diganggu orang lain, percayalah bahwa kamu akan tumbuh menjadi seorang penakut. Kamu akan takut menjalani berbagai macam cobaan dalam kehidupan yang melibatkan interaksi dengan orang lain.

Semua rasa takut yang ada di dalam diri itu harus hilang agar orang lain bisa segan terhadapmu. Hal tersebut dilakukan agar kamu bisa hidup tenang sebab tidak ada lagi yang berani menganggumu.

Itulah kelima alasan masuk akal mengapa kamu harus berani ngomong ketika diusik orang lain. Mulailah belajar memberanikan diri untuk jujur kepada siapapun terkait perasaanmu jika memang terganggu.

Related

Tips 6543907341339203377

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item