Ini 5 Tips Percaya Diri dan Terbebas dari Perasaan Minder


Naviri Magazine - Percaya diri merupakan salah satu kunci sukses seseorang. Jika tak percaya diri, bagaimana orang itu bisa membuat keputusan dalam hidupnya. Misalkan keputusan menentukan sekolah pilihan, pekerjaan idaman, sampai pasangan hidup.

Semua semua sikap dan laku bermula dari rasa percaya diri. Meski begitu, ada saja orang yang merasa tidak percaya diri. Tidak percaya diri jika mengenakan busana dengan warna-warna terang, tidak percaya diri menentukan sikap dalam tim, tidak percaya akan kemampuan diri sendiri, dan banyak contoh lain.

Rasa tidak percaya diri akan mengakibatkan seseorang menjadi peragu, pasif, dan 'tenggelam' dari orang lain alias tidak menjadi perhatian, tidak diperhitungkan. Mengutip laman Sehatq, berikut lima tips menggugah rasa percaya diri:

Jangan membandingkan

Berhenti membandingkan diri dengan orang lain. Semakin sering kamu membanding diri sendiri dengan orang lain, maka kian rendah tingkat kepercayaan dirimu. Fokus saja pada potensi dalam dirimu, kembangkan, dan tak perlu sibuk memperhatikan apa yang orang lain lakukan.

Jangan menyalahkan diri sendiri

Lumrah jika manusia berbuat salah. Yang penting maafkan dirimu, belajar dari kesalahan, dan jangan mengulanginya. Kegagalan yang kamu pikir bersumber dari kesalahanmu juga termasuk hal-hal yang perlu dimaafkan. Ingat, tiada manusia yang sempurna.

Aktivitas fisik

Orang yang banyak melakukan aktivitas fisik memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Sebabnya, aktivitas fisik seperti olahraga membuat tubuh lebih segar sehingga kamu tidak merasa lemah.

Berpikir positif

Berpikir positif termasuk untuk dirimu sendiri. Jangan ragu kamu pasti kuat dan mampu melewati semua tantangan. Jangan pedulikan orang lain yang meragukan itu. Ubah cemooh dan kritik menjadi motivasi yang baik.

Berani

Sudah tidak membandingkan, memaatkan diri, rajin olahraga, berpikir positif, kini waktunya membuktikan semua itu dengan berani menunjukkan diri. Ya, tunjukkan kalau kamu tak sekadar hadir, melainkan eksis dalam setiap pertemuan atau rapat di kantor. Sampaikan gagasanmu dengan elegan.

Perlu diketahui, rasa percaya diri juga perlu dilatih secara rutin. Kamu akan menemukan dan menunjukkan rasa percaya diri dengan kadar yang berbeda sesuai dengan suasana dan lingkungan tertentu.

Related

Tips 3008107172736317083

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item