Ini 8 Jenis Makanan yang Menunjang Kesehatan Tubuh Wanita


Naviri Magazine - Sebagian wanita bekerja di luar rumah, atau menjadi wanita karir, sedang sebagian lain bekerja di rumah sebagai ibu rumah tangga. Tak peduli beraktivitas di luar atau di dalam rumah, setiap wanita membutuhkan kesehatan dan fisik yang prima agar dapat melaksanakan tugas-tugasnya dengan baik. 

Bekerja di rumah menjadi ibu rumah tangga bukan berarti lebih ringan dibanding bekerja di luar rumah menjadi wanita karir. Karenanya, agar aktivitas keseharian dapat berjalan optimal, wanita membutuhkan asupan makanan yang mendukung kesehatan mereka.

Berikut ini makanan-makanan yang dapat menunjang kesehatan tubuh wanita, agar senantiasa sehat, bugar, dan menjauhkan wanita dari berbagai serangan penyakit.

Makanan kaya protein

Makanan berprotein berperan dalam menjaga kesehatan jantung serta mencegah kanker payudara. Salah satu makanan yang memiliki kandungan protein tinggi adalah kacang tanah.
    
Asam lemak omega-3

Makanan yang mengandung asam lemak omega-3 memiliki fungsi penting dalam menangkal berbagai gangguan kesehatan dan penyakit berbahaya seperti jantung, stroke, hipertensi, dan berbagai jenis peradangan. Beberapa makanan yang mengandung asam lemak omega-3 adalah ikan salmon, sarden, serta makarel.

Makanan kaya likopen

Makanan yang mengandung zat likopen memiliki fungsi dalam mencegah kanker prostat, kanker payudara, serta membuat wanita lebih awet muda. Makanan yang kaya kandungan likopen di antaranya adalah buah-buahan seperti jeruk serta semangka.
    
Vitamin D

Fungsi vitamin D yang penting adalah mencegah pengeroposan tulang atau osteoporosis, diabetes, tumor yang bisa menyerang payudara, usus besar, maupun ovarium. Makanan yang mengandung vitamin D di antaranya adalah ikan salmon, tuna, sarden, serta susu.

Makanan kaya kalsium

Makanan yang mengandung kalsium dapat membantu menguatkan tulang dan melawan pengeroposan tulang yang sering dialami oleh kaum wanita. Aneka sayuran berdaun hijau serta biji-bijian memiliki kandungan kalsium yang sangat dibutuhkan para wanita.

Makanan kaya zat besi

Aktivitas padat yang harus dilakukan wanita setiap hari menyebabkan mereka mudah capek. Untuk mengatasi hal itu, makanan yang mengandung zat besi mutlak dibutuhkan, seperti daging sapi tanpa lemak.

Makanan kaya serat

Fungsi makanan berserat adalah membantu proses pencernaan makanan, menyehatkan organ pencernaan, serta mencegah sembelit atau susah buah air besar. Beberapa keluhan itu sering dialami wanita. Beras merah serta aneka buah-buahan memiliki kandungan serat cukup tinggi, sehingga baik untuk dikonsumsi.

Makanan kaya folat

Salah satu fungsi folat adalah membantu menjaga kesehatan jantung, sekaligus nutrisi yang penting bagi wanita yang sedang hamil. Buah jeruk, sereal, serta kacang-kacangan, merupakan beberapa makanan yang memiliki kandungan folat.

Related

Health 7472252494410967760

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item