Ini Penyebab Terjadinya Bootloop: Ponsel Mati dan Menyala Sendiri


Naviri Magazine - Penyebab ponsel mengalami bootloop (mati dan hidup/menyala sendiri) bisa saja bersumber dari pengguna hp itu sendiri. Memang, meskipun sudah berusaha merawat hp dengan sebaik-baiknya, namun terkadang ada beberapa kebiasaan yang masih berisiko sebagai penyebab hp bootloop.

Potensi terjadnya bootloop sangat mungkin terjadi pada hp baik dengan sistem operasional Android atau iOS. Sebenarnya untuk mengatasi hp bootloop tidak perlu sampai pergi ke service center dari merek hp yang digunakan. 

Kamu bisa melakukan perbaikan terhadap bootloop ini sendiri, atau dengan kata lain bootloop ini bukan merupakan kerusakan yang fatal.

Memang secara umum bootloop di sebabkan oleh kerusakan file sistem pada hp. Akan tetapi, bukan berarti tidak ada faktor lainnya yang juga menjadi penyebab dari adanya bootloop tersebut. Berikut adalah beberapa penyebab hp bootloop, mengutip dari berbagai sumber.

1. Flashing Custom ROM

Salah satu penyebab hp bootloop yaitu karena melakukan flashing custom ROM baru. Hal ini bisa saja menjadi penyebab karena ada dalvik-cavhe atau data lama yang belum terhapus namun justru digunakan oleh sistem yang baru.

Sesungguhnya, kegiatan untuk flashing custom ROM bertujuan untuk melakukan modifikasi dan mengganti isi data pada ROM. Maksdunya, dengan melakukan flashing custom ROM maka ROM dapat bekerja lebih optimal dan cepat.

Meski metode flashing tidak terlalu sulit, jika salah dalam melakukannya maka bisa berakibat fatal. Memang, untuk metode ini anda hanya perlu menginstall ROM ke ponsel. 

Tujuannya agar performa ponsel meningkat dan mengoptimalkan kinerja dari sistem operasi yang digunakan. Namun, kamu harus berhati-hati karena bisa jadi flashing yang kamu lakukan malah membuat smartphone kamu rusak. 

2. Salah Mengatur Permission

Di dalam smartphone Android terdapat banyak informasi yang bersifat pribadi seperti kontak, lokasi, maupun foto. Maka itu, sistem operasi android sangat berpengaruh terhadap fitur permission ini.

Jika salah dalam melakukan permission pada aplikasi, maka bisa berakibat ponsel pintar mati dan nyala dengan sendirinya. Ketika hendak melakukan pengaturan terhadap permission, pastikan pemilik smartphone paham tentang apa yang harus dilakukan.

3. Pemasangan Mod

Penyebab hp bootloop biasanya juga dapat terjadi apabila kamu melakukan pemasangan mod pada sistem operasioanl Android. Biasanya hp menjadi bootloop akibat mod yang dipasang ternyata tidak kompatibel dengan kondisi dari ROM yang digunakan pada hp. 

Di sisi lain, mod yang tidak tersusun dengan baik ternyat juga dapat menjadi penyebab hp bootloop. Ini alasannya, harhs selalu hati-hati dan pastikan spesifikasi hp yang kamu pakai mumpuni untuk dipasang sebuah mod atau aplikasi baru.

4. Overclock Android

Selanjutnya, salah satu penyebab hp bootoloop ini sangat mungkin terjadi, terutama pada pengguna hp Android. Ketika kamu ingin performa hp kamu cepat, biasanya akan menaikkan kapasitas dari prosesornya dengan cara overclock. 

Tidak dapat dipungkiri jika cepat atau lambatnya suatu sistem operasional pada hp terutama yang berbasis Android, dipengaruhi oleh kapasitas dari prosesornya.

Sebenarnya cara mempercepat performa ini bisa saja dilakukan, akan tetapi jangan terlalu memaksakan. Maksudnya, apabila kamu ingin melakukan overclock pada Androidmu. 

Misalkan, dari 1 GHz menjadi 2 GHz, maka kamu bisa melakukan setengahnya saja atau bahkan lebih aman lagi jika hanya seperempatnya, dan jangan juga untuk terlalu memaksakan hp An

Overclock merupakan metode yang digunakan untuk mempercepat kinerja PC atau laptop. Dengan perkembangan smartphone yang semakin canggih, fitur ini sudah bisa diakses melalui ponsel pintar.

Namun, jika ternyata salah dan gagal dalam melakukan overclock, bisa menyebabkan smartphone mati dan menyala dengan sendirinya.

5. Restore System Backup

Seiring berjalannya waktu semakin lama, memori internal Android yang kamu miliki akan semakin terkuras dan menuju penuh.

Kegiatan melakukan restore file ini memang erat kaitannya dengan sistem operasional hp. Dan, kegiatan restore system backup ini juga sangat berpotensi dalam menimbulkan hp bootloop. 

Hal ini disebabkan adanya dalvik-cache yang lama dan ternyata belum terhapus secara sempurna, sehingga menyebabkan penumpukan operasi dari sistem tersebut terhadap data sistem yang baru.

6. Mengubah Isi Script di dalam Folder Sistem

Jika kamu adalah seorang pecinta game, pasti sudah tidak asing lagi dengan cara semacam ini. Hal ini biasa dianggap sepele dan tidak akan memberi dampak besar pada sistem Android. Padahal, mengubah isi script dengan aplikasi yang ada dimana tujuannya agar bisa segera menikmati game yang Anda inginkan bisa menyebabkan bootloop pada hp.

Jadi, ada baiknya kamu tidak melakukan beberapa hal yang memang berpotensi menjadi penyebab hp bootloop di atas. Karena, bisa saja hal tersebut justru berakibat fatal kepada ponselmu.

Terlebih, yang terburuk adalah kamu sampai harus merelakan berbagai kenangan baik foto dan lain sebagainya yang biasanya akan hilang akibat harus di lakukan pembersihan agar kondisi hp seperti bawaan pabrik.

Related

Smartphone 3839622057509544876

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item