Inilah Komponen Mobil yang Mudah Rusak Saat Lama Tak Digunakan


Naviri Magazine - Mobil yang lama didiamkan berpotensi menimbulkan kerusakan komponen penting pada mobil. Agar terhindar dari masalah, kita perlu tahu beberapa komponen mobil yang paling berpeluang rusak dan cara mencegahnya selama didiamkan di garasi rumah. 

Daya Aki Mobil Kian Lemah 

Bila mobil didiamkan terlalu lama, dapat membuat mesin sulit dihidupkan akibat berkurangnya daya listrik aki dengan sendirinya. Semakin tua usia aki, semakin mudah kehilangan daya listrik.  

Hidupkan mesin mobil dua hari sekali tanpa perlu menghidupkan sistem kelistrikan yang lain, selama sekitar 10-15 menit, dan sesekali jalankan mobil keluar rumah agar pengisian aki yang lebih maksimal. Periksa kondisi aki waktu servis berkala. 

Ban Mobil Kempis 

Mobil yang lama tidak bergerak juga membuat angin ban mobil cepat berkurang sehingga menyebabkan bagian ban yang menapak langsung dengan aspal menjadi rata atau flat spot.  

Cek tekanan angin ban secara berkala dan jalankan mobil maju-mundur beberapa saat waktu memanaskan mesin dan pastikan posisi tumpuan ban berubah ketika mobil diparkir kembali. 

Bahan Bakar Mengendap 

Perubahan suhu udara menyebabkan pengembunan pada tangki dan saluran bahan bakar jika mesin tidak dihidupkan dalam waktu lama. 

Akibatnya bahan bakar akan tercampur dengan air yang menguap sehingga mengurangi kualitasnya serta berpotensi menimbulkan karat. Termasuk munculnya endapan yang akan menyumbat saluran bahan bakar.  

Karat di Cakram Rem 

Timbulnya karat pada cakram rem merupakan proses alamiah, namun jika dibiarkan akan menyebabkan berkurangnya performa rem. Solusinya, jalankan mobil saat memanaskan mesin karena karat pada piringan cakram akan tergerus dengan sendirinya. 

Debu di Saluran AC 

Sistem pendingin kabin yang jarang beroperasi menyebabkan endapan debu pada saluran AC yang berdampak pada menurunnya kualitas udara di dalam kabin mobil.  

Hidupkan AC sekitar 10 menit minimal seminggu sekali ketika memanaskan mesin mobil agar sirkulasi udara bisa mengusir debu. Pastikan filter kabin terjaga kebersihannya sebagai media penyaring debu yang bersirkulasi dalam sistem AC mobil. Jangan lupa membersihkan kabin mobil meskipun tidak pernah dipakai. Cairan 

Mobil Rusak 

Mobil mengandalkan banyak cairan seperti air radiator, washer kaca depan, dan minyak rem. Bila didiamkan dalam garasi yang lembab dapat menimbulkan risiko cairan tersebut tercampur uap air yang memicu kerusakan senyawa kimia dan menimbulkan endapan atau karat. 

Related

Automotive 6736723915579292870

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item