Inilah Waktu Terbaik untuk Makan, agar Tubuh Selalu Sehat


Naviri Magazine - Selama ini dikenal tiga waktu untuk makan yakni pagi, siang, dan malam. Akan tetapi, tak dijelaskan kapan waktu terbaik untuk makan di jam-jam tersebut.

Studi menunjukkan waktu makan dan jarak antara makan memiliki efek terhadap kesehatan tubuh. Waktu makan mempengaruhi waktu sirkadian atau ritme tubuh bekerja termasuk organ tubuh.

Sejumlah studi menemukan hubungan antara ritme sirkadian dengan waktu makan, berat badan, dan resistensi insulin.

Waktu sirkadian yang teratur memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Sebaliknya, waktu sirkadian termasuk waktu makan yang tidak teratur meningkatkan risiko terkait penyakit metabolisme.

Dikutip dari Healthline, waktu makan yang konsisten setiap hari terkait dengan berat badan yang terjaga, peningkatan energi, dan mengurangi risiko penyakit kronis.

1. Makan lebih awal

Sejumlah studi menunjukkan makan lebih awal baik untuk kesehatan. Mulailah dengan mengonsumsi sarapan untuk mengawali hari. Hindari makan hingga larut malam.

2. Batasi jarak setiap kali makan

Penelitian menyarankan untuk makan dalam kurun waktu 12 jam dalam sehari. Beri jeda sekitar 6 jam untuk setiap kali makan.

3. Makan dengan teratur

Berdasarkan studi, peneliti menyebut waktu terbaik untuk makan adalah waktu yang teratur setiap hari. Waktu yang teratur membentuk ritme sirkadian tubuh bekerja lebih optimal.

Sesuaikan pula waktu makan dengan kondisi kesehatan Anda. Orang dengan asam lambung umumnya membutuhkan rentang waktu makan yang lebih cepat. Konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi mengenai pola makan atau diet yang tepat untuk Anda.

Related

Tips 6067302563617679905

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item