Kisah Pertempuran Ilipa, Perang yang Jadi Awal Kekuasaan Besar Romawi


Naviri Magazine - Pertempuran Ilipa menjadikan Romawi satu-satunya negara adidaya di Mediterania. Seperti yang dinyatakan oleh Britannica, pertempuran tersebut menandai awal dari akhir kekuasaan Kartago di Spanyol, dan niat Hannibal Barca untuk menaklukkan atau menginvasi Roma.

Pada 206 SM, pasukan Kartago (bukan di bawah komando Barca) berusaha menaklukkan pasukan Roma, yang dipimpin oleh Cornelius Scipio. Mereka bertemu orang Romawi di Ilipa dengan pasukan yang lebih besar. Menurut Erenow, setelah beberapa hari, Scipio mencontek strategi yang pernah digunakan Barca.

Dia mengirim kavalerinya saat fajar untuk menyerang penduduk Kartago. Akibat penyerangan itu, Kartago menyerang pusat Romawi, tetapi orang Romawi sudah dievakuasi terlebih dahulu.

Di sinilah pasukan Romawi dengan jumlah yang lebih sedikit, mengepung Kartago. Hanya 7.000 pasukan Romawi yang tewas, dan 44.000 pasukan Kartago tewas. Pertempuran itu pun menggagalkan upaya invasi Kartago ke Roma, seperti yang dikutip The Art of Battle.

Related

History 922681951910242904

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item