Mengenal Penyakit Polio, Penyebab, Gejala, dan Jenis-jenisnya


Naviri Magazine - Polio (juga disebut poliomyelitis) adalah penyakit menular yang telah menghancurkan populasi manusia di belahan bumi Barat di paruh kedua abad ke-20. Walaupun polio telah menjangkiti manusia sejak zaman kuno, wabah yang paling luas terjadi di paruh pertama 1900-an, sebelum vaksinasi dibuat oleh Jonas Salk, dan telah tersedia secara luas pada tahun 1955.

Polio adalah penyakit kelumpuhan anggota gerak, umumnya kaki, yang disebabkan oleh virus. Sekitar 95% kasus tidak menunjukkan gejala sama sekali (polio asimtomatik). Dalam 4%–8% kasus di mana ada gejala (disebut polio simtomatik), muncul dalam tiga bentuk:

Bentuk ringan, disebut polio yang gagal. Kebanyakan orang yang menderita tipe ini tidak mencurigai bahwa mereka terinfeksi penyakit polio, karena gejalanya ringan, mirip flu, misalnya infeksi pernapasan ringan atas, diare, demam, sakit tenggorokan, dan perasaan umum sedang sakit.

Nonparalytic polio, yaitu polio yang tidak menyebabkan kelumpuhan. Bentuk ini lebih serius karena berhubungan dengan meningitis aseptik. Sekitar 1%–5% menunjukkan gejala neurologis seperti sensitivitas terhadap cahaya dan kekakuan leher.

Paralytic polio, merupakan polio yang menyebabkan kelumpuhan. Ini terjadi pada 0,1%-2% dari kasus. Penularannya dimulai dari virus yang memasuki saluran usus, masuk aliran darah, kemudian menyerang saraf. Pada polio yang gagal atau asimtomatik, virus biasanya tidak bisa melewati saluran usus.

Virus dapat mempengaruhi saraf yang mengendalikan otot-otot di tungkai kaki dan otot-otot pernapasan, sehingga menyebabkan kesulitan pernapasan dan kelumpuhan pada lengan dan kaki. 

Infeksi yang tinggi di sumsum tulang belakang atau di otak bisa meningkatkan risiko masalah pernapasan dan menyebabkan kematian. Virus polio telah menewaskan lebih dari 10.000 orang seluruh dunia mulai 1916 hingga sekarang.

Related

Health 4022072035872621561

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item