Mengenal Resesi Gingiva atau Gusi Turun, dan Penyebab Serta Cara Mengatasinya


Naviri Magazine - Gusi turun atau disebut juga sebagai resesi gingiva merupakan suatu kondisi dimana gusi turun atau mengarah ke akar gigi yang menyebabkan akar gigi terlihat, padahal seharusnya gusi berfungsi untuk melindungi akar gigi.

Keadaan ini akan sering menyebabkan penderita mengalami ngilu, nyeri jika makan atau minuman dengan suhu panas atau dingin, bahkan jika terkena angin juga dapat menyebabkan gigi ngilu. Selain hal tersebut, resesi gingiva juga dapat menimbulkan keluhan gigi berkubang, perubahan warna gigi, dan mengganggu penampilan.

Jika tidak ditangani dengan tepat, gusi yang turun akan menyebabkan gigi lambat laun menjadi goyang dan bisa terlepas. Penyebab dari resesi gingiva yaitu:
  • teknik mengosok gigi yang salah
  • plak pada gigi
  • posisi gigi yang miring
  • penggunaan benang gigi yang salah
  • penggunaan obat kumur yang salah
  • infeksi pada gusi

Penanganan resesi gingiva tergantung tingkat keparahanya. Jika tingkat keparahan cukup berat, maka penanganan dengan prosedur medis dari dokter. 

Namun jika masih dalam tahap awal, yang perlu di perhatikan yaitu menyetop penyebab resesi gingiva tersebut. Misalnya mengosok gigi dengan arah dan cara yang benar, tidak menggunakan benang gigi berlebihan, rajin merawat gigi agar tidak terbentuk plak.

Related

Health 5706220615418932878

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item