5 Pertimbangan Sebelum Mengundang Mantan Pacar ke Pernikahan

Naviri Magazine - Jika mantan pacar mengundang datang ke pernikahannya, akankah kamu hadir? Survei menunjukkan, 76% orang tidak mau datang ...

5 Pertimbangan Sebelum Mengundang Mantan Pacar ke Pernikahan

Naviri Magazine - Jika mantan pacar mengundang datang ke pernikahannya, akankah kamu hadir? Survei menunjukkan, 76% orang tidak mau datang ke pernikahan mantan pacar mereka. Dari 606 responden survei ini, hanya 24% yang mengaku datang ke pernikahan mantan kekasih.

Responden survei mengungkapkan berbagai alasan tidak mau datang ke pernikahan mantan, meskipun diundang. Ada yang karena menghormati pasangan mereka sekarang hingga alasan sudah melupakan masa lalu.

Lalu bagaimana seharusnya urusan mengundang mantan ke pernikahan ini? Apakah memang seharusnya mantan tidak usah diundang ke pernikahan? Menurut perencana pernikahan, Martha Stewart, sebaiknya kamu meyakinkan diri sendiri ketika memutuskan mengundang mantan atau tidak ke pernikahan.

"Apakah kamu sudah saling kenal selama bertahun-tahun dan masih mempertahankan hubungan persahabatan? Atau kamu ingin menunjukkan bahwa kamu sudah ikhlas dan tegar? Kamu mungkin bertanya-tanya apakah pantas untuk mengundang mantan ke pernikahanmu?" tulis website entrepreneur kelahiran New Jersey itu.

Ada dua alasan yang bisa menjadi pertimbangan kamu saat ingin mengundang mantan pacar atau justru tidak melakukannya. Berikut penjelasan selengkapnya :

Tidak Mengundang Mantan

Menurut pakar etika dan gaya hidup, Elaine Swann mengundang mantan ke pernikahan merupakan hal yang tidak pantas. "Meskipun mungkin kamu berusaha untuk menjaga silaturahmi. Namun situasi tersebut bisa membuat kamu berada dalam posisi tidak nyaman," jelasnya.

Misalnya, jika kamu dan mantan pacar selama menjalin hubungan masih menyimpan masalah atau kebencian. Atau ada masalah dengan keluarga, ibu, saudara perempuan, atau sahabat. Demi kelancaran acara, cara terbaik adalah jangan mengundang mantan.

Mengundang Mantan saat Pernikahan

"Beberapa orang masih memiliki hubungan yang baik dengan mantan pasangan mereka," kata Diane Gottsman, penulis Modern Etiquette for a Better Life dan pendiri The Protocol School of Texas.

Kamu harus memprioritaskan perasaan pasangan kamu yang saat ini. Sebelum memutuskan mengundang mantan kamu saat acara pernikahan.

"Jika mantan dan pasangan masa depanmu tidak memiliki masalah, maka seharusnya tidak ada alasan untuk mengecualikan seorang teman," jelasnya.

Jika kamu masih benar-benar tidak tahu bagaimana memutuskan mengundang mantan atau tidak ke pernikahan, Diane Carr direktur Southern School of Etiquette, menawarkan pertanyaan-pertanyaan bermanfaat ini untuk bertanya pada diri sendiri. Ini lima pertanyaan yang perlu kamu jawab:

1. Seberapa lama kamu menjalin hubungan bersama mantan? Semakin sedikit kenangan dan tidak usah dipikirkan karena belum saling mengenal terlalu jauh.

2. Apakah pengantin sama-sama mengenal mantan dan memiliki hubungan yang baik dengannya?

3. Apakah pasangan kamu merasa nyaman dengan kamu mengundangan mantan kamu itu?

4. Apakah mantan telah menjadi bagian positif dari hubungan kalian?

5. Akankah pengingat hubungan masa lalu menambah suka cita saat hari pernikahan kamu?

Setelah menanggapi pertanyaan-pertanyaan tersebut, kamu tentu sudah memiliki jawaban ketika memutuskan untuk mengundang mantan saat pernikahan atau tidak.

Related

Relationship 3864995622765399706

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item