Benarkah Rata-rata Orang Hanya Menggunakan 10 Persen Otak Mereka?


Naviri Magazine - Kalimat psikologi populer yang mengatakan bahwa ‘sebagian besar orang hanya menggunakan 10% kekuatan otak mereka’ itu adalah mitos. Dan hal tersebut tidak berarti salah! Artinya dilakukan penelitian secara ilmiah tentang fungsi otak yang 10% tersebut. 

Dari penelitian bidang neurologi klinis dan neuropsikologi, dua disiplin ilmu yang bertujuan memahami dan mengurangi efek kerusakan otak, kehilangan kemampuan otak kurang dari 90% kerana kecelakaan atau penyakit hampir selalu memberikan dampak berbahaya.

Bisa saja kalimat ‘sebagian besar orang hanya menggunakan 10% kekuatan otak mereka’ hanyalah kalimat metafora, sedangkan bidang science melakukan penelitian secara harafiah.

Mitos 10% memang telah memotivasi banyak orang untuk berjuang meningkatkan kreativitas dan produktivitas dalam kehidupan mereka, yang tentu saja bukan hal buruk. Bantuan, dukungan, dan harapan yang dihasilkan mitos ini hampir dapat membantu menjelaskan alasan mitos ini berumur panjang.

Related

Science 2068145127513003007

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item