Bisa Jadi Obat Alami, Ini 5 Makanan dan Minuman Pereda Dispepsia atau Maag


Naviri Magazine - Semua orang mungkin pernah mengalami rasa tidak nyaman atau rasa sakit di perut setelah makan ataupun minum. Gangguan ini dikenal sebagai dispepsia, yaitu kumpulan gejala tak nyaman di perut bagian atas. Awam juga mengenal kondisi ini sebagai maag.

Dispepsia bisa timbul ketika seseorang makan terlalu cepat atau terlalu banyak. Gejalanya meliputi rasa kenyang atau penuh di perut yang tidak nyaman, sensasi terbakar, atau rasa sakit di perut bagian atas.

Dispepsia atau maag bukanlah penyakit, melainkan bisa merupakan gejala dari masalah pencernaan lainnya seperti tukak lambung, gastritis, atau refluks asam. Sebagian orang mungkin mengalaminya di beberapa titik sekaligus. 

Ketika mengalami dispepsia, tentu kita ingin segera menghilangkannya. Sebelum mengambil obat, tahukah kamu kalau beberapa makanan dan minuman bisa membantu meredakan gejalanya? Inilah daftar makanan yang dapat membantu mengatasi dispepsia.

1. Jahe

Jahe sudah sejak dulu digunakan sebagai pengobatan alami berbagai masalah kesehatan, termasuk yang berhubungan dengan pencernaan. Dilansir WebMD, sudah ada banyak penelitian yang membuktikan bahwa jahe memiliki efek antiinflamasi, antioksidan, dan antiulkus yang baik untuk kesehatan pencernaan.

Jahe dapat membantu meredakan mual dan tidak banyak memberikan efek samping. Sudah begitu, jahe juga bisa membantu meningkatkan pencernaan dan aliran air liur, sehingga dapat membantu tubuh membuang gas yang mungkin menjadi penyebab perut sakit atau tidak nyaman.

2. Air lemon

Mencampurkan satu sendok makan lemon peras dengan air hangat dan meminumnya beberapa menit sebelum makan juga bisa meredakan gangguan pencernaan. Sebab, efek alkali dari air lemon dapat menetralkan asam lambung dan meningkatkan pencernaan. Tidak hanya itu, lemon juga merupakan sumber vitamin C yang sangat baik.

Meski demikian, konsumsi air lemon perlu diperhatikan, karena bila terlalu banyak email atau enamel gigi mungkin akan terkikis. Untuk melindungi gigi, sebaiknya bilas mulut dengan air putih setelah meminum air lemon, mengutip Healthline.

3. Air kelapa

Seperti dijelaskan di laman Medical News Today, minum 2 gelas air kelapa secara perlahan setiap 4 hingga 6 jam sekali bisa ampuh meredakan gejala sakit perut. Kandungan kalium dan magnesium yang tinggi pada air kelapa dapat membantu mengurangi rasa sakit, kejang otot, dan kram. Air kelapa juga merupakan salah satu pilihan alami terbaik untuk menghidrasi tubuh.

4. Teh chamomile

Teh chamomile terkenal dengan manfaatnya dalam membantu menginduksi tidur dan menenangkan kecemasan. Lebih dari itu, teh ini juga mampu meredakan gangguan pencernaan dan mengurangi asam lambung di saluran pencernaan. Teh chamomile juga memiliki efek antiinflamasi yang dapat menghentikan peradangan atau rasa sakit yang ditimbulkan.

Nikmatilah teh chamomile selagi hangat. Kamu juga bisa menambahkan madu secukupnya sebagai pemanis alami. Meski menyehatkan, tetapi tetaplah mengonsumsinya secara bijak karena teh chamomile mengandung senyawa yang bertindak sebagai antikogulan, sehingga memiliki risiko pendarahan jika dikombinasikan dengan pengencer darah.

5. Kayu manis

Berbagai zat antioksidan dalam kayu manis dapat memperlancar pencernaan, mengurangi risiko iritasi, serta mengurangi kerusakan pada saluran pencernaan. Beberapa antioksidan dalam kayu manis di antaranya eugenol, cinnamaldehyde, linalool, dan camphor.

Beberapa zat lain dalam kayu manis juga dapat membantu mengurangi gas, kembung, kram, dan serdawa, serta dapat menetralkan keasaman lambung untuk mengurangi mulas dan gangguan pencernaan.

Menambahkan satu sendok teh bubuk kayu manis berkualitas baik atau sekitar satu inci batang kayu manis ke dalam masakan mungkin bermanfaat untuk meredakan gangguan pencernaan yang dialami. Kayu manis juga dapat dicampur dengan air mendidih untuk dijadikan teh, lalu konsumsilah sebanyak 2-3 kali sehari untuk efek terbaiknya.

Related

Health 9077154790017623632

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item