Cara Pakai Serum yang Benar, agar Kulit Wajah Selalu Terlihat Glowing


Naviri Magazine - Pemakaian skincare tak bisa dilewatkan meski hanya beraktivitas di rumah. Hal itu membawa dampak buruk bagi kondisi kulit, hingga terlihat kusam dan terasa kering. Karenanya penting untuk menggunakan serum yang bisa menghidrasi dan melembapkan kulit. Seperti apa cara pakai serum yang benar?

Menurut dr. Indah Widyasari, Sp.KK, hidrasi kulit dapat terganggu karena aktivitas di ruangan ber-AC. Keluhan pigmentasi dan flek pada kulit pun dapat muncul setelah menatap layar gadget dan komputer terlalu lama.

Situasi yang mengharuskan kita beraktivitas di rumah dapat menjadi momentum untuk merawat kulit. Baik kulit berminyak maupun kulit kering harus terhidrasi selama WFH.

"Kalau kulitnya selalu dijaga kelembapannya, selalu moist, pasti akan tampil sehat. Glowing, tampak cerah, dan tone (kulit) akan merata," jelas dr. Indah Widyasari, Sp.KK.

"Selain itu, kalau kita selalu menjaga hidrasi kulit, segala macam keluhan misalnya bekas luka atau bekas jerawat, tentunya akan lebih cepat pudar," sambungnya.

Kandungan Serum untuk Berbagai Jenis Kulit

Dalam kesempatan itu, dr. Indah Widyasari, Sp.KK mengingatkan pemakaian moisturizer setelah serum. Pasalnya, kulit yang terhidrasi mampu meningkatkan penyerapan bahan aktif skincare yang dioleskan pada kulit wajah.

Lebih lanjut, ia mengungkap kandungan serum yang harus diperhatikan untuk berbagai jenis kulit. Penting pula untuk mengetahui cara pakai serum yang benar.

"Biasanya untuk brightening ada kandungan vitamin C, kojic acid, arbutin. Untuk keluhan aging, bisa menggunakan serum (dengan kandungan) vitamin C, retinol, dan bakuchiol," ujar dr. Indah Widyasari, Sp.KK.

"Untuk acne prone dan oily, bisa mencari ingredients yang friendly untuk kulit berminyak misalnya asam salisilat, niacinamide, itu bisa digunakan."

Cara Pemakaian Serum yang Benar

Lantas, bagaimana cara pemakaian serum yang benar? Sebelum menggunakan serum, dr. Indah Widyasari, Sp.KK mengingatkan untuk membersihkan wajah terlebih dulu.

Serum yang bersifat cepat menyerap pun harus segera diaplikasikan dan diratakan pada kulit wajah. Bila kulit tak lagi terasa lengket, kita dapat melanjutkan tahapan skincare berikutnya.

"Ratakan dengan cepat, dan kita tunggu sampai kering dan tidak lengket. Lalu kita aplikasikan skincare yang berikutnya," tutur dr. Indah Widyasari, Sp.KK saat menjelaskan cara pakai serum yang benar.

Related

Tips 5202422877569573985

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item