Inilah 10 Film Horor Terbaik Sepanjang Masa


Naviri Magazine - Jika diminta menyebutkan daftar film horor terbaik, tentu jawabannya bisa beragam, karena masing-masing orang memiliki pengalaman dan penilaian tersendiri. 

Namun, setidaknya, keunggulan sebuah film—khususnya film horor—bisa dilihat dari penghargaan yang diperoleh film tersebut, kualitas film serta akting para pemain, hingga dampak film tersebut pada penonton serta industri film secara luas.

Berdasarkan penilaian-penilaian yang tentu juga bisa subjektif tersebut, berikut ini adalah sepuluh film horor yang dianggap terbaik sepanjang masa. Sebagian dari film ini ada yang keluaran lama, sebagian lain adalah film-film yang terhitung masih baru atau dirilis di zaman kita.

1. Evil Dead

Film Evil Dead sebenarnya ada dua versi, versi klasik yang keluar tahun 1981 dan versi remake yang rilis tahun 2013. Film ini bercerita tentang lima anak muda yang datang ke sebuah kabin di tengah hutan, untuk menyembuhkan teman mereka yang kecanduan narkotika.

Mereka kemudian menemukan “Book of Dead”, dan secara tidak sengaja membaca mantra pemanggil setan dalam buku tersebut. Hantu-hantu pun bermunculan dan “pembantaian” menyeramkan dimulai.

2. The Conjuring

Film ini hasil arahan sutradara kawakan James Wan, yang sudah veteran dalam menggarap film ber-genre horor thriller. Kali ini, The Conjuring, didaptasi dari kisah nyata.

The Conjuring  menceritakan sebuah rumah yang dikutuk oleh seorang pemuja setan bernama Bathseba. Rumah yang pernah dihuni Bathseba itu kemudian dihuni oleh keluarga Perron, yang terpaksa harus berhadapan dengan kutukan tersebut.

3. Insidious

Sama seperti The Conjuring, Insidious menjadi film horor yang fenomenal yang juga disutradari oleh James Wan. Insidious chapter pertama menceritakan seorang anak kecil yang tak bisa bangun dari tidurnya selama berbulan-bulan.

Ternyata, arwah anak kecil tersebut terjebak di dunia lain bersama iblis yang menyeramkan. Karena kesuksesan Insidious chapter pertama, kisahnya pun berlanjut dalam Insidious chapter dua dan tiga. 

4. The Eye

Film yang booming tahun 2008 ini berkisah tentang seorang gadis muda pemain biola berbakat, bernama Sidney Wells. Dia berwajah cantik, pandai bermain musik, dan hidup berkecukupan. Tapi dia buta.

Suatu hari, Sidney mendapatkan donor mata tak terduga. Setelah matanya diganti dengan yang baru, dia malah bisa melihat hal-hal aneh dan menyeramkan di sekitarnya. 

Film The Eye ada dua versi, yaitu versi Asia yang diperankan oleh Angelica Lee, dan versi Barat yang diperankan oleh Jessica Alba. Dua-duanya sama-sama epic!

5. Poltergeist

Poltergeist menceritakan sebuah keluarga yang menempati rumah baru, tapi mereka tidak sadar bahwa rumah tersebut rumah bekas kuburan! Hantu penghuni rumah itu pun kemudian menculik putri mereka. Sejak saat itu, berbagai kejadian menyeramkan bermunculan.

Poltergeist yang rilis tahun 2015 lalu merupakan remake dari film pertama yang dirilis pada 1982. Percaya atau tidak, “kutukan” film ini terbawa sampai ke dunia nyata. Kutukan tersebut dipercaya menyebabkan serangkaian kematian yang menimpa pemain dan kru. 

6. The Ring

Pecinta horor pasti tak asing lagi dengan film ini. Dengan hantu ikonik yang keluar dari TV bernama Samara atau Sadako, film ini sukses membuat penonton ketakutan. Sama seperti The Eye, The Ring juga diadopsi dari kisah hantu Jepang.

The Ring, yang berhasil membuat banyak orang ketakutan di tahun 2002, ini menceritakan sebuah video bergambar cincin. Video itu bukan sembarang video. Jika seseorang menonton video itu, dia akan mati dalam tujuh hari setelah menonton.

7. The Exorcist

Meski film ini sudah jadul banget (dirilis tahun 1973), kengeriannya tak ada yang mengalahkan. Film yang diadaptasi dari novel bestseller karya William Peter Blatty ini betul-betul mencekam, bahkan ketika film sudah berakhir.

Film ini berkisah tentang ritual pembebasan roh jahat dari tubuh manusia. Adegan-adegan pembebasan roh dalam film ini begitu detail, sehingga membuat siapa pun yang menontonnya bergidik ngeri. 

8. The Omen

Lagi-lagi film hantu klasik yang dibuat remake-nya tahun 2006 lalu. The Omen adalah cerita horor yang berhubungan dengan agama. Film ini menceritakan keluarga yang tidak bisa punya anak, dan akhirnya mengadopsi anak yang ternyata titisan iblis. Keanehan anak tersebut akan terlihat saat dia beranjak besar.

9. The Sixth Sense

Ini salah satu film terbaik dan mendapatkan banyak nominasi untuk Oscar. Film ini juga sukses membuat siapa pun bergidik menontonnya. The Sixth Sense berkisah tentang seorang anak yang memiliki indra keenam, dan dapat berkomunikasi dengan arwah-arwah orang yang sudah mati.

Meski telah menyadari kemampuannya tersebut, ia tetap merasa takut setiap kali arwah-arwah itu muncul, karena wujud mereka benar-benar mengerikan. 

10. Shutter

Shutter adalah film horor Thailand, Shutter. Film ini bercerita tentang balas dendam seorang hantu perempuan.

Hantu tersebut terus mengganggu tokoh bernama Jane. Karena penasaran, Jane pun mencari tahu hal terkait hantu tersebut. Tanpa disadari, sang hantu telah memberikan “kode” lewat foto-foto hasil jepretan Tun (kekasih Jane). Ternyata, Tun memiliki rahasia kelam di masa lalu dengan hantu tersebut!

Related

Film 7189872726283316752

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item