Panduan Penting Memahami dan Menyambut Kehamilan (Bagian 2)


Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Panduan Penting Memahami dan Menyambut Kehamilan - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan urutan lebih lengkap, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Pada minggu ke-12 sampai minggu ke-14, denyut jantung si bayi dapat didengarkan melalui stetoskop. Kemudian, pada waktu memasuki minggu ke-24, pendengaran si bayi akan mulai berfungsi, sehingga ia akan bisa memberikan respon pada suara-suara di luar. 

Pada masa inilah ia akan mendengar suara ibunya, dan suara itu akan dikenalinya pada waktu ia dilahirkan kelak. Pada masa-masa ini, Anda bisa sering-sering mendengarkan musik klasik atau lagu lembut, untuk juga didengar oleh calon bayi Anda.

Pada waktu memasuki minggu ke-16, bayi akan mulai sensitif terhadap cahaya, dan ketika memasuki minggu ke-28 dia akan mulai dapat membuka matanya, serta menggerakkan kepala. Pada masa ini, beberapa hal yang perlu diketahui dan dilakukan ibu hamil antara lain:

Pada masa ini, biasanya perasaan mabuk, ngidam dan morning sickness sudah tidak terasa lagi, dan Anda pun bisa mulai makan dengan enak. Karenanya, pada masa inilah Anda harus mengkonsumsi cukup protein, kalsium, juga zat besi. Selain itu, Anda juga disarankan untuk berolahraga secara teratur untuk menguatkan otot sekitar panggul, juga dapat mengikuti senam hamil jika diinginkan.

Jangan lupa untuk rajin memeriksakan kandungan pada dokter atau bidan Anda sesuai jadwal, dan tanyakanlah apa saja yang ingin Anda tanyakan seputar kehamilan Anda. Dalam hal ini, lebih baik sedikit cerewet namun Anda benar-benar tahu apa yang sedang terjadi dalam kehamilan Anda, daripada diam saja namun tidak tahu apa-apa.

Apabila Anda bekerja, pastikan Anda mengetahui bagaimana kebijakan kantor Anda mengenai biaya kesehatan serta melahirkan. Selain itu, Anda juga perlu mengetahui kapan Anda bisa meninggalkan anak Anda setelah cuti hamil dan melahirkan selesai. 

Karenanya, rencanakanlah perawatan untuk anak Anda dengan cermat, sehingga tetap mendapat perawatan yang baik, dan segala kebutuhannya terjamin. Perhitungkan pula kapan Anda harus menyusui, atau memompa ASI untuk bayi Anda.

Akan jauh lebih baik kalau Anda mulai menentukan dimana bayi Anda kelak akan tidur, dan mulailah untuk membersihkan tempat tersebut. Apabila rumah perlu direnovasi untuk keperluan ini, maka usahakan agar renovasi dilakukan secepatnya sebelum si bayi lahir.

Siapkanlah perlengkapan dan pakaian yang nyaman untuk calon bayi Anda. Jika Anda mendatangi toko yang spesial menyediakan pakaian bayi, mereka akan memiliki daftar apa saja yang diperlukan bayi, dan Anda bisa mempertimbangkannya.

Trimester ketiga

Pada trimester ketiga, yang berlangsung antara minggu ke-27 hingga minggu ke-40, bayi di dalam kandungan semakin berkembang. Pada bulan ke-9, bayi biasanya tetap dalam posisi tertentu, dengan kepala di bawah dan tangan serta kaki menekuk di dada. 

Sedang pada minggu ke-28, mata bayi akan terbuka—dan jika ia lahir pada waktu tersebut, ia akan mampu menggerakkan bibirnya, dan sudah dapat menangis meski lemah. Meski jika si bayi lahir pada waktu ini berarti ia tergolong lahir prematur, namun 90 persen di antara mereka dapat bertahan hidup.

Memasuki trimester ketiga ini, usahakan untuk tetap menjaga pola makan, mengatur makan dalam porsi sedikit-sedikit dan tetap mengasup makanan sehat, juga perbanyak mengkonsumsi air minum. Jangan lupa istirahat yang cukup, teruskan aktivitas jalan santai setiap hari, dan lanjutkan latihan senam jika memang selama ini mengikuti aktivitas tersebut.

Selain itu, apabila Anda mendapati tanda-tanda yang tidak lazin, semisal bercak darah keluar dari vagina, pembengkakan pada kaki dan pipi, serta rasa sakit yang hebat di bagian perut, sebaiknya segera hubungi dokter, karena hal tersebut dapat menjadi tanda yang serius bagi kehamilan ataupun diri Anda.

Kemudian, jika Anda sudah memiliki anak, akan lebih baik jika Anda mengajak kakak si calon bayi untuk berkomunikasi tentang calon adiknya tersebut, dan pastikan dia tahu Anda menyayangi dirinya serta calon adiknya.

Terakhir, di masa ini, Anda juga sudah perlu mempersiapkan baju-baju yang akan Anda bawa ke rumah sakit pada waktu melahirkan kelak. Yang juga tidak boleh Anda lupakan, kehamilan bukan berarti Anda tidak boleh melakukan hal-hal menyenangkan. 

Karenanya, jika memungkinkan, tetaplah pergi ke salon untuk merawat diri, atau berjalan-jalanlah bersama teman dengan gembira. 

Related

Tips 1088146671927728947

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item