Jangan Diforsir, Ini 5 Tanda Tubuh Butuh Istirahat demi Kesehatan Mental


Naviri Magazine - Selama seminggu, kita pasti banyak melakukan kegiatan, dari tugas bebersih rumah, deadline pekerjaan kantor, dan masih banyak pekerjaan lainnya. Namun terlalu banyak pekerjaan kadang membuat kita lupa untuk memperhatikan kesehatan.

Kesehatan manusia seutuhnya bukan hanya terkait kesehatan fisik, nutrisi, dan olahraga, melainkan juga kesehatan mental dan emosional. Kita tahu bahwa dengan segala tuntutan pekerjaan kita mendapat tekanan secara mental dan menyebabkan stres.

Tubuh manusia secara fisik dan mental sangatlah berhubungan. Saat kita mengalami tekanan mental, tubuh kita seringkali memberikan tanda-tanda yang mengharuskan kita untuk istirahat. Berikut adalah beberapa tanda kita butuh istirahat demi menjaga mental kita.

1. Sakit terus menerus

Saat kita menderita sakit yang sama secara terus menerus, itu adalah tanda yang dikirim tubuh kita agar kita beristirahat. Meskipun kita tidak pernah tahu kapan kita akan sakit, ada baiknya untuk mencegah datangnya sumber penyakitnya, seperti menjaga kesehatan mental.

Saat kita stres dan kesehatan secara mental kita terganggu, daya tahan tubuh kita akan melemah dan meningkatkan risiko tubuh terkena penyakit. Untuk menghindari efek domino ini, istirahatkan diri secara fisik atau mental. Tetap berpegang pada jadwal yang memungkinkan kita untuk tidur dan mengkonsumsi nutrisi yang dibutuhkan agar merasa lebih baik.

2. Terlalu stres akan masa lalu dan tidak bisa fokus ke masa depan

Saat kita melakukan kesalahan di masa lalu otomatis kita akan menyesalinya dan memikirkan masalah itu terus menerus. Penting untuk mengintrospeksi diri untuk beberapa saat, tetapi jangan sampai masalah di masa lalu mempengaruhi masa depan kita. 

Karena memikirkan kejadian masa lalu hanya akan menumpuk beban yang tidak terselesaikan. Masa lalu adalah sesuatu yang tidak bisa diubah. Oleh sebab itu, cobalah untuk mengubah apa yang bisa diubah di masa depan.

3. Tidak melakukan perawatan diri

Perawatan diri memang diperlukan untuk menjaga kesehatan mental. Kadang ketika kita terlalu sibuk untuk memenuhi tuntutan hidup sehari-hari, baik terkait pekerjaan maupun keluarga, kita akan dengan mudah mengabaikan perawatan diri. 

Nah, jika kita menyadari bahwa kita sudah lama take melakukan perawatan diri, artinya kita sudah tenggelam dengan rutinitas dan ini bisa menjadi alarm bahwa saatnya kita melakukan istirahat sejenak. Ini saatnya untuk menikmati waktu sendiri dan memanjakan diri.

4. Perubahan mood secara drastis

Terkadang saat kita lelah, emosi kita tidak stabil dan sering berubah. Saat-saat seperti ini penting untuk kita mengambil waktu menenangkan diri. Ambillah waktu untuk memahami perasaan kita. Jika perasaan sedih dan tidak termotivasi kita rasakan terus menerus, ada baiknya ambil waktu untuk istirahat.

5. Tidak bisa tidur

Saat selesai berkegiatan selama seharian, kita berharap dapat beristirahat di malam hari. Namun, ada saja pikiran yang mengganggu dan kecemasan, yang membuat kita tidak bisa tidur. 

Cobalah untuk menanggalkan pikiran yang mengganggu atau selesaikan masalah pekerjaan sebelum pergi ke tempat tidur. Jadwalkan waktu tidur dan bangun yang teratur agar tidak mengalami susah tidur.

Related

Tips 5329005653258099655

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item