Kisah Asal Usul Manusia dalam Kepercayaan Orang Mesir Kuno


Naviri Magazine - Mesir kuno punya banyak cerita terkait mitos penciptaan. Semua dimulai dari adukan tak teratur dewa langit Nu (ataun Nun). Atum mengharapkan dia mempunyai roh dan tubuh fisik, setelah itu dia menciptakan sebuah bukit kecil. Bila tidak dalam dunia yang kacau-balau, dia tidak ada tempat untuk berpijak. 

Atum adalah dewa yang bukan pria maupun wanita. Matanya bisa memandang segala hal. Dari mulutnya, dikeluarkannya seorang anak; Shu, dewa udara. Setelah itu dia keluarkan dari mulutnya lagi seorang anak perempuan, Tefnut, dewa kelembapan. Mereka berdua diberi tugas mengubah kondisi semrawut alam semesta. 

Shu dan Atum menciptakan Geb, dewa bumi dan juga Nut dewa langit. Pada mulanya Geb dan Nut terlilit jadi satu, namun Geb berusaha lepas, kemudian secara perlahan-lahan tatanan dunia baru akhirnya terbentuk, namun Shu dan Geb hilang dalam kegelapan.

Atum mengorek matanya untuk mencari Shu dan Geb, akhirnya Shu dan Geb berhasil kembali ke sisi Atum. Atum sangat gembira, terharu hingga meneteskan air mata, dan setiap tetesan air matanya jatuh ke bumi hingga terciptalah manusia.

Related

Mistery 8854543936293270862

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item