Mau Memberi Minum ke Korban Kecelakaan? Wajib Perhatikan Hal Ini!


Naviri Magazine - Salah satu kebiasaan masyarakat Indonesia dalam menangani korban kecelakaan adalah memberikan minum. Tentunya korban kecelakaan yang masih sadar ya, biasanya setelah diamankan kondisinya langsung diberi minum.

Ada yang harus diperhatikan sebelum memberikan minum ke korban kecelakaan.

Perlu diketahui bahwa memberi minum pada korban kecelakaan sesaat setelah kejadian, justru bisa menimbulkan bahaya. Hal tersebut lantaran detak jantung korban kecelakaan tengah meningkat drastis akibat kecelakaan yang baru saja dialaminya.

"Bisa tersedak karena saluran pernapasannya tertutup," ujar Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting, Jusri Pulubuhu.

Selain masalah detak jantung yang bisa menyebabkan tersedak, cedera juga menjadi alasan memberi minum tidak direkomendasikan.

Pada korban kecelakaan, benturan pasti terjadi pada organ tubuh korban. Dikhawatirkan, jika benturan tersebut mengakibatkan cedera pada bagian perut, maka air minum justru makin memperburuk keadaan korban.

Menurut Jusri, jika tidak paham tentang teknik pertolongan pertama pada kecelakaan, langkah terbaik adalah menghubungi pihak terkait, misalnya rumah sakit.

Jadi bukan berarti dilarang memberi minum, tapi wajib mengetahui dulu kondisi korban kecelakaannya, ya!

Related

Tips 5719295167662556823

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item