Mengapa Janda Sering Dicap Negatif oleh Masyarakat?


Naviri Magazine - Janda adalah sebutan bagi wanita yang pernah menikah namun tidak bersuami lagi, entah karena suaminya meninggal terlebih dulu, atau bercerai karena alasan tertentu. Di masyarakat, status janda (terutama yang masih muda) sering dipandang negatif dan karenanya janda muda sering didesak agar segera menikah lagi. 

Sebenarnya, kenapa status janda dipandang negatif?

Seorang janda sebenarnya berada di posisi yang sulit. Dia bukan lagi anak gadis yang berada di bawah lindungan orangtuanya, dan juga sudah tidak lagi berada di lindungan suaminya. Keadaan ini membuat masyarakat menganggap janda sebagai wanita lemah yang statusnya bahkan lebih rendah daripada anak lajang.

Seiring zaman berlalu, pandangan ini tetap tidak hilang dan bahkan banyak orang yang memperburuk pandangan tersebut. Lihat saja lagu 'Perawan atau Janda' karya Cita Citata yang liriknya seolah menyebut janda sebagai objek yang dipilih hanya karna masalah nafsu seksual. 

Di film-film (kebanyakan di sinetron), janda juga sering digambarkan sebagai 'wanita penggoda' yang keberadaannya menarik perhatian pria, baik yang masih lajang maupun yang sudah menikah.

Lalu bagaimana dengan duda? 

Kebalikannya, status duda tidak dipandang seburuk janda, atau malah tidak dipandang buruk sama sekali. Kendati menanggung beban yang sama, namun pria dianggap kuat dan mampu melewati masalah dengan baik. Serba salah memang, tak ada wanita yang suka menjadi janda namun bukan berarti status janda bisa dilepas dengan mudah.

Banyak orang yang suka menggoda janda, karena dianggap 'kurang belaian' maupun 'kurang kasih sayang'. Namun, tentunya janda akan lebih berhati-hati dalam memilih suami kedua. Pengalaman dari suami pertama (dalam kasus cerai) akan membuat mereka lebih dewasa dalam berpikir, dan tentunya tak bisa sembarang menerima pria.

Menikah itu berat. Namun, kehidupan seorang janda ternyata lebih berat, apalagi jika ada anak untuk diurus. Karena itulah mari berhenti menggunjing janda. 

Related

Female 7092573526454039227

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item