Terungkap, Ini Alasan Film Spider-Man 4 Versi Tobey Maguire Batal Diproduksi


Naviri Magazine - Kembali ke tahun 2007, ada film Spider-Man yang bisa dikatakan memiliki beberapa kekurangan, namun tetap menjadi salah satu film superhero yang menguntungkan, Spider-Man 3. 

Pada waktu itu, Sony dan Marvel sedang senang dengan film ini (karena membawa keuntungan) dan berencana membuat film keempat, kelima, bahkan keenam dari Spider-Man Tobey Maguire, kalau bisa. Namun kenapa tidak pernah ada film Spider-Man 4?

1. Ada masalah antara Raimi dengan Sony sejak Spider-Man 3

Sam Raimi, sutradara dan penulis naskah trilogi Spider-Man, memiliki masalah dengan Sony. Alasannya karena di film Spider-Man 3, pihak studio Sony banyak ikut campur dari rencana yang sudah dibuat oleh Sam Raimi, salah satunya tentang Venom. Sam Raimi hanya ingin memasukkan New Goblin dan Sandman sebagai musuh, namun Sony ingin ada Venom, jadinya kita tahu sendiri seperti apa porsi Venom di cerita.

2. Spider-Man 4 sudah digosipkan pada tahun 2008

Tahun 2008 awal sempat ada rumor kalau Sam Raimi akan kembali bersama Tobey Maguire untuk membuat film Spider-Man 4, atau setidaknya sudah dirumorkan mereka akan ambil bagian untuk satu film lagi.

Di sini, Sam Raimi berencana memasukkan Sinister Six ke dalam film keempat Spidey. Sampai akhirnya tahun 2009, Raimi mengurungkan niat memasukkan Sinister Six dan hanya memasukan Vulture dan Black Cat. Bahkan pemeran untuk kedua karakter ini sudah direncanakan, yaitu John Malkovich dan Anne Hathaway (keduanya sepertinya memang cocok).

Meskipun begitu, ada beberapa karakter dari aktor yang tak bisa kembali, salah satunya adalah Kirsten Dunst, pemeran Mary Jane. "Aku tak bisa membayangkan film Spider-Man tanpa Mary Jane." ucap Sam Raimi tahun 2009 silam ke MTV.  

"Memang ada cerita Spidey yang tak ada Mary Jane di dalamnya, namun dia adalah karakter favoritku. Tidak memasukkannya ke dalam film sepertinya akan sangat merugikan," lanjutnya.

Mungkin karena ini juga Raimi memasukan Black Cat sebagai pengganti Mary Jane. Storyboard dan naskah pun sudah dibuat dalam fase ini. Bahkan konsep untuk film Spider-Man 5 dan Spider-Man 6 juga sudah direncanakan!

3. Film sudah direncanakan, namun batal

Beberapa aktor lama bisa kembali, Raimi dan Maguire setuju kembali, naskah juga sudah ada, namun kenapa film Spider-Man 4 batal?

Pada tahun 2010, diberitakan kalau Raimi keluar dari proyek ini. Alasannya karena Sony meminta selesai produksi dan perilisan filmnya lebih cepat. Mungkin karena beberapa tahun sebelum itu sedang panas-panasnya film superhero, ada film Iron Man, The Incredible Hulk, Iron Man 2, The Dark Knight, belum lagi ada Thor, Captain America 1, dan Green Lantern yang siap hadir di tahun 2011.

Akhirnya Sony menginginkan film ini untuk dibuat ulang atau reboot, dampaknya para aktor termasuk Tobey Maguire juga keluar dari proyek.

"Aku sangat bangga dengan apa yang sudah kita capai sampai sekarang ini. Aku masih berhubungan baik dengan mereka yang terlibat di film sebelumnya. Aku tidak sabar melihat lembaran baru Spider-Man di layar lebar," ucap Tobey Maguire tentang batalnya film Spider-Man 4.

4. Komentar Sam Raimi pada tahun 2013

Sam Raimi tidak berkomentar sampai tahun 2013. Dalam sebuah wawancara dengan Vulture, Raimi menjelaskan alasannya melepaskan proyek Spider-Man 4. 

"Aku sangat tidak senang dengan film ketiga, karena itu aku ingin memperbaikinya di film keempat. Sony ingin film ini rilis cepat, sementara aku masih belum menyelesaikan naskah terbaik sebagai penutup cerita. Karena itu, aku lebih memilih melepaskan proyek ini," ucap Raimi.

"Pada akhirnya aku menjelaskan tentang ini ke Sony dan melepas proyek Spider-Man, silakan saja jika ingin melakukan reboot. Amy Pascal (petinggi Sony) mengatakan 'Terima kasih karena tidak membuang-buang uang Sony, dan terima kasih atas kejujurannmu' kepadaku," lanjut Raimi.

Nah jadi itu alasan kenapa film Spider-Man 4 tidak dilanjutkan. Bagaimana menurut kamu? Apakah kamu berharap ada kelanjutan film di mana Tobey Maguire menjadi Peter Parker?

Related

Film 2607398936867087883

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item