10 Hal Aneh di Dunia yang Tidak Terpecahkan Ilmu Pengetahuan


Naviri Magazine - Apakah kita percaya kekuatan supranatural? Mungkin kita pernah tahu atau bahkan menyaksikan orang-orang yang memiliki kekuatan entah apa, sehingga mampu melakukan atau mewujudkan sesuatu yang bisa dibilang mustahil. 

Misalnya, di India pernah ada seseorang bernama Sai Baba yang bisa mengubah tepung menjadi emas, dan lain-lain, sehingga orang-orang menganggap dia orang sakti atau bahkan orang suci.

“Keajaiban” yang dilakukan oleh Sai Baba disaksikan banyak orang, dan keajaiban itu benar-benar terjadi. Namun, meski begitu, ilmu pengetahuan belum bisa menjelaskan apa sebenarnya yang terjadi dengan Sai Baba atau orang-orang lain yang sama-sama memiliki kemampuan seperti itu.

Berikut ini adalah sepuluh hal aneh yang sampai saat ini tidak atau belum bisa dipecahkan oleh ilmu pengetahuan, dari hubungan tubuh dan pikiran sampai munculnya suara aneh di bumi.

1. Hubungan tubuh/pikiran

Ilmu kedokteran baru mulai memahami cara-cara pikiran mempengaruhi tubuh. Misalnya, menunjukkan pasien bisa merasa membaik dari penyakitnya saat percaya bahwa pengobatan yang dia jalani efektif, meski sebenarnya penyakitnya membaik atau tidak sama sekali. 

Melalui prosesnya kurang dimengerti, kemampuan tubuh dalam menyembuhkan diri sendiri dianggap lebih menakjubkan dari obat modern apa pun yang ada saat ini.

2. Kekuatan supranatural

Kekuatan supranatural dan ekstra-sensorik persepsi (extra-sensory perception/ESP) termasuk fenomena misterius, karena banyaknya orang yang percaya hal tersebut. Peneliti sudah menguji secara ilmiah orang-orang yang mengaku punya kekuatan supranatural. Namun, hasilnya negatif atau masih membingungkan.

3. Kehidupan setelah kematian

Beberapa orang, yang pernah mengalami situasi di ujung kematian, melaporkan pengalaman mistis, seperti berjalan di terowongan dan melihat cahaya, bertemu dengan orang-orang terkasih, perasaan damai, dan sebagainya. 

Tetapi, sejauh ini, belum ada bukti kuat atau informasi yang bisa diverifikasi dari kehidupan setelah kematian. Para ahli yang skeptis menduga, pengalaman mendekati kematian bisa dijelaskan sebagai halusinasi alami dari trauma otak. Tapi tetap saja fenomena ini belum terjawab.

4. UFO

Banyak kalangan yang percaya eksistensi Unidentified Flying Objects (UFO). Banyak orang yang melihat gambaran misterius di langit, mulai dari pesawat sampai meteor. Apakah salah satu di antara objek itu adalah pesawat alien, masih menjadi perdebatan. Mengingat posisi Bumi di tengah-tengah alam semesta, UFO belum bisa dijelaskan oleh sains.

5. Deja vu

Deja vu berasal dari bahasa Prancis, yang berarti 'pernah melihat’. Misalnya, seseorang berjalan di sebuah gedung di negara asing. Tapi dia merasa sangat akrab dan familier dengan penataan ruangan di gedung tersebut. 

Beberapa orang menganggap hal ini sebagai atribut dari kehidupan sebelumnya. Seperti intuisi, penelitian dan psikologi sudah menawarkan penjelasan yang lebih alami, tapi tetap saja fenomena ini masih misterius, termasuk penyebabnya.

6. Hantu

Walau bukti pasti keberadaan hantu masih diperdebatkan, saksi-saksi terus melaporkan penglihatan mereka. Baik pengakuan melihat, memotret, bahkan berkomunikasi dengan para hantu. Investigator hantu berharap, suatu hari nanti arwah orang meninggal bisa berkomunikasi dengan orang hidup, sehingga mengakhiri misteri ini.

7. Penghilangan misterius

Beberapa orang tampaknya menghilang tanpa jejak. Biasanya, orang hilang bisa ditemukan melalui penyelidikan polisi, pengakuan, atau tanpa sengaja oleh orang lain. Tetapi, ketika bukti penghilangan itu minim, polisi pun tak berkutik. Bahkan ilmu forensik pun tak dapat memecahkan misteri orang-orang hilang itu.

8. Intuisi

Intuisi, atau sering juga disebut indera keenam, masih sulit dibuktikan dan dipelajari, meski banyak orang mempercayai keberadaannya.

9. Bigfoot

Selama puluhan tahun, makhluk besar berbulu bernama Bigfoot dilaporkan beberapa warga di seluruh Amerika. Namun, tak satu pun tubuh makhluk ini pernah ditemukan, juga jasadnya. 

Karena secara logika bukti tidak ada, ilmuwan pun tidak pernah bisa membuktikan Bigfoot ada atau tidak. Mungkin makhluk misterius ini mengintai dari kejauhan.

10. Dengungan Taos

Penduduk dan pengunjung di sebuah kota kecil di Taos, New Mexico, melaporkan bahwa mereka terganggu dengan dengungan frekuensi rendah yang lemah, tapi misterius. Dengungan itu terdengar di padang pasir. Dan hingga kini tidak ada satu pun yang bisa menjawab sumber atau asal dengungan itu.

Related

Science 8447232004804218213

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

Banner BlogPartner Backlink.co.id
item