3 Tips Membuat Konten Menarik di Instagram untuk Bisnis


Naviri Magazine - Pengguna Instagram saat ini bukan hanya perorangan yang senang mengunggah foto-foto pribadi, namun juga pebisnis atau perusahaan yang ingin menyosialisasikan program dan usaha mereka. 

Kenyataannya, Instagram memang memungkinkan untuk tujuan tersebut. Dengan foto-foto bagus serta dapat dilengkapi caption yang informatif, pebisnis dapat memanfaatkan Instagram untuk menjangkau calon konsumen atau menjaga hubungan pelanggan.

Dalam memanfaatkan media sosial, khususnya Instagram, untuk berbisnis juga harus dilakukan dengan berbagai strategi. Tujuannya, tentu saja, untuk memaksimalkan keuntungan yang didapatkan dari berbisnis online di media sosial ini. Salah satu kuncinya adalah dengan mengunggah konten yang menarik. 

Seperti apa konten yang menarik? 

1. Buat editorial plan atau kalender editorial

Para pengguna akun profil bisnis disarankan untuk menyusun secara jelas hari dan waktu unggah produk atau jasa yang ditawarkannya. 

Misalnya, pengguna akan mengunggah pada hari apa dan pukul berapa. Hal ini dianggap penting, karena pada jam-jam tertentu jumlah reach dan impression suatu unggahan akan lebih tinggi. 

2. Hashtag 

Tanda pagar atau hashtag berperan penting dalam menarik audiens untuk suatu unggahan. Minimal ada dua hashtag yang digunakan, yakni branded hashtag dan hashtag populer. 

Dibutuhkan konsistensi saat membuat hashtag, tapi tidak menutup kemungkinan untuk menambah hashtag tersebut. 

3. Jangan terlalu lama 

Dalam membuat video untuk Instastory, usahakan tidak dalam durasi yang lama. Pada tiga detik awal, harus sudah menunjukkan sesuatu yang menarik sehingga langsung mencuri perhatian pengikut. Selain itu, juga disarankan untuk mengubah akun Instagram menjadi Instagram Business Profile. 

Dengan model profil ini, pengguna dapat melihat insight, di mana terdapat informasi dari jumlah followers, range usia followers, dan dapat melakukan promosi. Insight juga berisi informasi mengenai jenis kelamin, usia, dan lokasi. Fitur ini dapat dilihat oleh akun dengan followers lebih dari 100. 

Manfaat lain bagi pengguna Instagram Business Profile adalah dapat menambahkan lokasi toko offline yang disertai maps. 

Related

Tips 3516674651875336127

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item