Bagaimana Cara Ikan Mengingat Jalan Pulang?


Naviri Magazine - Ada beberapa jenis ikan yang melakukan migrasi, bahkan kadang sampai jauh. Ikan salmon, misalnya, melakukan migrasi hingga sejauh ratuan kilometer—dari lautan ke tempat air tawar—ketika akan berkembang biak. Bagaimana ikan-ikan yang melakukan migrasi semacam itu dapat mengingat jalan pulangnya sehingga tak tersesat?

Untuk mengingat jalan pulang agar tidak tersesat, ikan mengandalkan indra penciumannya. Rangsang bau sangat penting bagi ikan dalam membantu menemukan jalan pulang. 

Beberapa ikan—di antaranya salmon—dapat membedakan air dari dua aliran yang berbeda hanya melalui baunya. Namun, jika indra penciumannya disumbat atau dihalangi, maka daya penciuman mereka pun hilang.

Untuk menguji hal itu, beberapa peneliti melakukan serangkaian percobaan. Sejumlah besar ikan salmon diasingkan dari tempat hidupnya. Setengah dari ikan-ikan itu disumbat hidungnya, sementara sisanya dibiarkan terbuka. 

Hasilnya, ikan-ikan yang hidungnya disumbat tersesat dalam perjalanan migrasinya, sementara ikan yang tidak disumbat hidungnya berhasil menemukan jalan untuk kembali ke tempat asal.

Related

Science 4060024371088384120

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item