Darah & Doa, Film Asli Indonesia Pertama


Naviri Magazine - Film Indonesia pertama yang dicatat dalam sejarah adalah Darah & Doa atau Long March of Siliwangi, yang disutradarai oleh Usmar Ismail. Film ini dinilai sebagai film lokal pertama yang berciri Indonesia. 

Selain itu, film ini juga merupakan film pertama yang benar-benar disutradarai oleh orang Indonesia asli, dan juga diproduksi oleh perusahaan film milik orang Indonesia asli, bernama Perfini (Perusahaan Film Nasional Indonesia), dimana Usmar Ismail tercatat juga sebagai pendirinya.

Sebenarnya, film pertama yang dibuat pertama kali di Indonesia adalah film bisu tahun 1926, berjudul Loetoeng Kasaroeng. Tapi film itu dibuat oleh sutradara Belanda, G. Kruger dan L. Heuveldorp. 

Setelah pemerintahan cukup stabil paska kemerdekaan Republik Indonesia, tibalah tanggal 30 Maret 1950 menjadi hari pertama pengambilan gambar film Darah & Doa atau Long March of Siliwangi. Karena itulah, 30 Maret selalu diperingati sebagai Hari Film Nasional.

Related

Film 2684885988421792451

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item