Fenomena PayLater, Cara Mengatasi Kebutuhan Mendadak ketika Duit Cekak


Naviri Magazine - Fenomena perusahaan yang menawarkan sistem pembayaran buy now pay later (BNPL), yang populer disebut sebagai paylater, kini marak di berbagai negara. 

Di Eropa dan Amerika Serikat, banyak perusahaan yang menawarkan skema itu, dan mendapatkan banyak pendanaan dari para investor. Beberapa valuasi perusahaan ini lantas melejit cepat meski kondisi ekonomi dunia sedang lesu. 

Sebelum ini, BNPL memang populer, tapi tak pernah sepopuler sekarang. Forbes pernah menyebutkan bahwa responden mereka bisa berbelanja 10 hingga 40 persen lebih banyak dengan metode paylater ketimbang menggunakan kartu kredit. 

Apa yang membuat paylater ini lebih populer ketimbang kartu kredit, adalah karena kemudahan yang mereka tawarkan. Maka tak heran kalau Forbes menyebut: dari semua respondennya, 42 persen generasi Z dan 69 persen generasi milenial cenderung akan membeli barang jika ada fitur paylater. 

Dengan makin banyaknya perusahaan yang menawarkan sistem pembayaran paylater, juga makin besar dan variatifnya merchant yang bergabung dengan gerbong ini. Tak heran kalau dari laporan Coherent Market Insight, pangsa pasar paylater diperkirakan mencapai USD1,13 miliar pada 2027 kelak, dengan tingkat pertumbuhan tahunan mencapai 21,2 persen. 

Di Indonesia, hal serupa juga terjadi. Paylater dianggap jadi salah satu solusi apik bagi mereka yang ingin membeli sesuatu. Dalam survei yang diadakan oleh Research Institute of Socio-Economic Development (RISED), lebih dari 80 persen responden mengatakan alasan mereka menggunakan paylater adalah, “…untuk membeli kebutuhan mendadak ketika keuangan terbatas.” 

Setelahnya, sekitar 43 persen konsumen memakai paylater untuk membeli barang di luar pengeluaran bulanan, belanja dengan cicilan pendek (39,9 persen), mendapatkan promo (38,2 persen), dan mengelola pengeluaran bulanan (25,3 persen). 

Bisa dibilang, pengguna paylater seimbang, di antara memakai kebutuhan penting ataupun untuk kebutuhan tersier. 

Seiring makin populernya cara pembayaran paylater, semakin banyak pula perusahaan yang menawarkan opsi paylater dengan segala kemudahannya. 

Related

Business 434540712690334296

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item