Jadi Raja Mi Instan Dunia, Begini Sejarah Panjang Indomie


Naviri Magazine - Mi instan Indomie tidak hanya berhasil menembus pasar dunia, tetapi juga mengungguli mi instan dunia yang lain.

L.A. Times Instant Ramen Power Rankings yang dibuat oleh media Los Angeles Times menempatkan Indomie Mi Goreng Barbeque Chicken dan Indomie Mi Goreng Original pada urutan nomor satu dan nomor 10 dari total 31 mi instan terenak.

Indomie pertama kali diproduksi pada 1972 dengan rasa Kaldu Ayam, saat ini diproduksi oleh Grup Salim melalui PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP). Selain mi instan, perusahaan memiliki lima segmen bisnis utama yaitu produk susu dan olahannya (dairy), makanan ringan (snack), penyedap makanan, nutrisi dan makanan khusus, serta minuman.

Selain Indomie, beberapa merek mi instan lain yang diproduksi ICBP adalah Supermi, Sarimi, Pop Mie, Sakura, Pop Bihun, dan Mi Telur Cap 3 Ayam.

Meskipun angka produksi tidak ditunjukkan secara detail, sejak 2016, perusahaan ini memproduksi sekitar 18 miliar bungkus mi instan per tahun.

Perusahaan ini didukung oleh keberadaan 17 pabrik dengan 12 lokasi. Ke-12 kota lokasi pabrik mi instan perusahaan adalah di Sumatra Utara, Riau, Sumatra Selatan, Lampung, Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, dan Malaysia.

Selain itu, Indomie juga diproduksi beberapa perusahaan di luar ICBP dan PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF) tetapi dikuasai Grup Salim dan memproduksi mi instan tersebut. Dua di antaranya yang terkenal adalah di Nigeria yaitu De United Foods Industries Ltd (Dufil dan Dufil Prima Food Plc) yang bahkan membuat masyarakat Afrika meyakini Indomie adalah produk dari benua tersebut, serta Pinehill Arabia Food Ltd (PAFL) di Saudi Arabia.

Hasilnya, ICBP membukukan pendapatan Rp 32,79 triliun, di mana Rp 21,66 triliun di antaranya disumbangkan oleh divisi mi instan, termasuk Indomie. 

Berikut ini perjalanan Indomie

1972: Indomie pertama kali diluncurkan dengan varian rasa Indomie Kaldu Ayam.

1982: Peluncuran Indomie Kari Ayam.

1983: Peluncuran Indomie Mi Goreng.

2010: PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk mencatatkan sahamnya di bursa.

2014: Peluncuran Indomie Goreng Dendeng Balado dan dan Indomie Soto Lamongan.

2015: Peluncuran Indomie My Noodlez.

2016: Peluncuran dua varian Indomie Real Meat yaitu Mi Goreng Ayam Jamur dan Mi Goreng Rendang, Indomie Goreng Ayam Bawang, serta Indomie Goreng Soto.

2017: Peluncuran Indomie Mi Goreng Sambal Rica-Rica, Indomie Mi Goreng Sambal Matah, Indomie Mi Goreng Masak Habang, Indomie Mi Goreng Aceh, Indomie Real Meat Telur Balado, dan Indomie Real Meat Empal Goreng.

2018: Peluncuran Indomie Special Quality Noodle dan Indomie Telor Asin.

Related

Food 9075374945591288306

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item