Kenali Pemicu Timbulnya Asam Lambung, dan Tips Mengatasinya


Naviri Magazine - Asam lambung merupakan kondisi gangguan kesehatan di mana cincin otot lambung atau sfingter esofagus bagian bawah (LES) tidak menutup sepenuhnya, sehingga  asam yang diproduksi oleh lambung dapat naik ke kerongkongan.

Mengutip dari laman Mayoclinic.org, ada beberpa gejala yang ditandai sebagai munculnya asam lambung.

Seperti sensasi terbakar di dada (mulas), biasanya setelah makan, yang mungkin lebih buruk di malam hari, sakit dada, kesulitan menelan, regurgitasi makanan atau cairan asam, sensasi ada benjolan di tenggorokan

Jika gejala-gejala di atas muncul, besar kemungkinan juga bakal mengalami kondisi refluks asam pada malam hari, bentuknya seperti batuk kronis, radang tenggorokan, asma baru atau yang memburuk hingga tidur terganggu.

Pemicu timbulnya kondisi asam lambung secara pasti belum diketahui. Namun beberapa kondisi dan faktor konsumsi menjadi faktor besar timbulnya kondisi asam lambung, seperti makanan dan minuman tertentu – seperti kopi, tomat, alkohol, cokelat dan makanan berlemak atau pedas

Gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok, adanya dorongan stres dan kecemasan. Kondisi kehamilan, juga hiatus hernia yang merupakan kondisi perut bergerak naik ke dada.

Bagi penderita asam lambung, ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk meringankan gejala asam lambung ketika naik. Caranya dengan menghindari makanan pemicu naiknya asam lambung.

Selanjutnya, makan dengan porsi kecil namun rutin, ketika hendak tidur menaikkan 10 hingga 20 cm bagian ujung salah satu tempat tidur, sehingga posisi dada dan kepala berada di atas pinggang Anda. Hal itu agar memperkecil kondisi asam lambung naik ke kerongkongan.

Related

Health 2427786206190142437

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item