Panduan Penting Memilih dan Membeli Helm untuk Berkendara


Naviri Magazine - Pada dasarnya, ada dua jenis helm, yakni helm bulat yang melindungi seluruh bagian kepala, dan helm yang terbuka pada bagian muka. Helm bulat memiliki pelindung muka yang dapat dibuka atau ditutup serta memiliki pelindung dagu. Sedangkan jenis helm yang terbuka di bagian muka tentu saja tak ada pelindung mukanya.

Saat memilih helm, perhatikan apakah helm yang akan dibeli memiliki tiga lapisan. Tiga lapisan ini adalah bagian paling luar yang biasanya terbuat dari fiberglass atau plastik keras. Kemudian, bagian tengah yang terbuat dari polistyrene atau styrofoam. Bagian ini berguna untuk menyerap hentakan atau kejutan pada waktu terjadi benturan, dan terakhir adalah lapisan paling dalam yang merupakan bagian bantalan agar helm pas dan nyaman saat dikenakan.

Yang paling penting diperhatikan di sini adalah, belilah helm yang memiliki standar internasional, yaitu yang memiliki persyaratan yang optimal. Helm tersebut harus memiliki kualitas tinggi dan standar perlindungan keselamatan. 

Usai memilih helm, perhatikan pula saat menggunakan helmnya. Pasanglah selalu pengikat dagu agar helm benar-benar pas di kepala dan terasa nyaman dipakai. Jangan memakai helm terlalu kencang atau kendur.

Usahakan untuk mengganti helm dengan yang baru setelah pemakaian dua sampai empat tahun. Atau jika telah mengalami benturan atau kecelakaan, langsung saja ganti helm. 

Periksa helm secara periodik untuk memastikan apakah masih layak dipakai atau tidak.

Related

Tips 8972515664061766256

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item