Cara Mudah Bongkar Pasang Paking Kendaraan


Naviri Magazine - Tidak mudah untuk membongkar-pasang paking motor, setidaknya tidak setiap orang mengerti bagaimana caranya. Berikut ini adalah kiat mudah untuk bongkar-pasang paking sepeda motor Anda:

Hati-hati melepas paking. Jangan membuka secara paksa yang berakibat media di paking menjadi rusak. Contoh, bibir silinder luka akibat paking dilepas pakai obeng pelat tajam. Ini akan membuat biaya tambahan. Lebih amannya adalah menggunakan kape atau pisau tipis. Bisa juga menggunakan cutter. Lebih bagus lagi jika memakai spray khusus pelepas gasket.

Bila perlu, gunakan alkohol. Selain melenturkan lem, juga bisa mengusir sisa lem yang mengeras. Setelah lepas dan bersih, ambil penggaris besi. Letakkan menyilang di atas komponen di paking.

Ratakan gasket. Kalau ada bagian yang tidak simetris dengan penggaris, berarti ada yang tidak rata. Biar mulus, sebaiknya diampelas. Setelah itu, usahakan agar gasket menempel dengan baik. 

Perhatikan saat memasang gasket baru. Bersihkan dulu debu, kotoran, dan kotoran lain yang melekat dari tangan. Tujuannya adalah agar kondisi gasket tidak terkontaminasi dengan kotoran tangan yang membuat daya tahan gasket jadi berkurang. 

Pakailah sealer khusus paking. Asal jangan di komponen yang dialiri bahan bakar, pilihan lain adalah sealer. Sebenarnya tidak disarankan, tapi sebaiknya pakailah sealer khusus untuk paking, atau perekat aerosol.

Related

Tips 6802067644596701397

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item